Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Pengalaman kirim barang dari Malaysia ke Indonesia dapat Anda ketahui di sini. Lengkap tips pengiriman internasional aman dan murah.

Pengalaman Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Perdagangan internasional menjadi aktivitas yang terus meningkat seiring zaman. Jual beli barang dari negara satu ke negara yang lain sudah menjadi hal yang lumrah.

Nah kebutuhan akan ekspor dan impor barang lingkup mancanegara menuntut perlunya jasa pengiriman barang yang aman dan murah. Tidak hanya bagi mereka para pengusaha ekspor dan impor, hal ini juga penting bagi WNI di luar negeri.

Seperti misalnya bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Banyak WNI di Negeri Jiran yang kerap dan butuh mengirim barang ke negeri Kepulauan Indonesia.

Hanya saja, melakukan pengiriman dengan skala internasional tentu saja tidak semudah mengirim barang domestik atau antar daerah. Ada sejumlah ketentuan yang perlu Anda ketahui.

Lebih dari itu Anda perlu hati-hati bila hendak mengirim barang ke Indonesia dari Malaysia. Sangat disarankan Anda menghindari calo. Pilihlah perusahaan layanan ekspedisi yang sudah terpercaya.

Untuk mempermudah Anda, berikut kami sajikan informasi dari mereka yang sudah pernah mengirim paket dari Malaysia ke Indonesia. Lengkap beserta dengan pertanyaan serta jawaban.

Silahkan tuliskan pendapat, pertanyaan, atau pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah untuk membantu warganet sekalian.

Tips Kirim Paket dari Luar Negeri ke Indonesia dengan Aman

Pengalaman Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia

Sebetulnya ada cukup banyak jasa cargo Malaysia ke Indonesia yang direkomendasikan. Tapi biasanya yang jadi pertanyaan adalah berapa ongkos pengirimannya, apakah bisa dijamin aman, lalu berapa lama paket bisa sampai ke Indonesia.

Jika di Indonesia ada perusahaan negara BUMN PT Pos Indonesia, maka di Malaysia ada juga Pos Malaysia yang dikenal dengan Pos Laju. Selain melayani pengiriman domestik, Pos Laju melayani juga pengiriman skala internasional.

Untuk pelayanan jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia, ada beberapa opsi yang ditawarkan Pos Laju.

Bila pengiriman domestik terdapat layanan Peninsulars juga Sabah atau Serawak, dan untuk pengiriman internasional Pos Laju telah menyediakan layanan Paket Luar Negeri Reguler dan layanan Express Mail.

Pengiriman dari Malaysia ke Indonesia Paling Aman

Jasa Pengiriman Pos Laju Malaysia boleh dikatakan paling aman. Sebab selain karena merupakan perusahaan negara, Pos Laju masuk ke dalam anggota Universal Postal atau Organisasi Pos Dunia.

Untuk pelayanan jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia, ada beberapa opsi yang ditawarkan Pos Laju. Bila pengiriman domestik terdapat layanan Peninsulars juga Sabah atau Serawak, dan untuk pengiriman internasional Pos Laju telah menyediakan layanan Paket Luar Negeri Reguler dan layanan Express Mail.

Layanan Cepat dan Tarif Relatif Murah

Menurut pengalaman sejumlah konsumen, jasa ekspedisi dari Malaysia ke Indonesia melalui Pos Malaysia cukup memuaskan. Sebab paket akan langsung dikirim kepada konsumen dengan rentan waktu yang cukup cepat.

Jalur yang digunakan untuk pengiriman bisa Anda pilih melalui laut atau udara. Pengiriman dilakukan setiap minggu sehingga jangka waktu barang sampai kepada penerima di Indonesia tidak memakan waktu lama.

Apabila Anda memerhatikan tarif jasa pengiriman barang dari Malaysia ke Indonesia, boleh dikatakan tarifnya tidak terlalu signifikan dibanding pengiriman domestik. Direkomendasikan bagi TKI di Malaysia untuk menggunakan jasa ekspedisi ini.

Pertanyaan: Selain Pos Malaysia, apakah ada layanan pengiriman perusahaan lain yang aman dan ongkos kirim murah?

Jawaban: Tentu saja ada. Salah satu layanan yang saat ini menjadi tren adalah JPI Cargo. Ekspedisi logistic mengedepankan pelayanan yang tepat, profesional, dan handal.

Anda dapat mengecek paket dari Malaysia ke Indonesia di manapun dan kapanpun melalui smartphone Anda.

Ekspedisi ini melayani pengiriman wilayah nasional Indonesia dan regional Malaysia dengan penanganan yang profesional terpercaya.

JPI Cargo menawarkan paket pengiriman box berbagai ukuran. Misalnya box ukuran XL dengan kapasitas muat 75 kg dengan harga 25 ringgit. Sementara untuk ongkos pengiriman tergantung pada wilayah tujuan pengiriman.

Misalnya contoh di Jawa Barat bisa kene 340 ringgit (RM). Lebih jelasnya mengenai ongkos kirim, Anda dapat langsung mengeceknya melalui aplikasi JPI Cargo. Silahkan download di google play store atau klik di sini.

Pertanyaan: Jasa pengiriman apa yang paling aman dipakai untuk kirim barang ke Indonesia dari Malaysia?

Jawaban: Jika Anda ingin mengirim paket atau barang ke Indonesia dari Malaysia, maka Pos Laju Malaysia layak menjadi salah satu pilihan terbaik Anda.

Ada dua jalur layanan jasa pengiriman barang yang bisa Anda pilih untuk mengirim barang ke Indonesia. Apakah jalur transportasi kapal laut atau diantar melalui udara dengan pesawat terbang.

Karena ada banyak warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia, Pos Malaysia menawarkan pengiriman khusus yaitu Paket Pos Terus.

Layanan Pos Laju Malaysia ini bisa dijamin aman. Karena merupakan perusahaan negara dan termasuk anggota Universal Postal atau Organisasi Pos Dunia.

Selangkapnya mengenai Pos Terus, dapat Anda simak dalam informasi di bawah ini.

Cara Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia dengan Pos Laju

Pertanyaan: Ongkos pengiriman per kg berapa? Rekomendasi kah?

Jawaban: Ongkos pengiriman setiap perusahaan ekspedisi tentu saja berbeda. Sebagai contoh jika Anda menggunakan JPI Cargo dengan box muatan 75 kg, maka Anda akan dikenakan tarif pembelian box sekitar 25 ringgit.

Lalu jika paket hendak dikirim ke Jawa Barat, maka ongkos kirim mencapai 300 lebih ringgit.

Sementara jika Anda menggunakan Pos Terus atau Pos Laju Malaysia dengan berat 20 kg dan ukuran 480 mm x 430 mm x 350 mm, maka tarif sekitar RM265.00 atau Rp892.574.

Pertanyaan: Berapa lama kirim paket Malaysia ke Indonesia?

Jawaban: Tergantung apakah Anda menggunakan layanan apa. Lalu apakah pengiriman melalui pesawat udara atau kapal laut.

Jika Anda menggunakan layanan udara, maka diperkirakan paket Anda bisa tiba dalam hitungan minggu. Bisa juga sampai satu atau dua bulan.

Sebagai contoh, dalam website resminya, Shoppe menjelaskan bahwa pesanan dari luar negeri dapat diterima dalam 9-25 hari kerja. Namun dituliskan pula pengiriman pesanan luar negeri dapat memakan waktu lebih lama karena kondisi cuaca buruk, proses Bea Cukai, atau hari libur.

Apalagi di masa pandemic Covid 19, maka ada kemungkinan kiriman Anda akan makan waktu menghitung bulan.

Pertanyaan: Apakah barang bekas seperti baju dari Malaysia boleh masuk ke Indonesia?

Jawaban: Tentu saja boleh. Sepanjang itu bukan baju baru, maka Anda bisa mengirim semuanya ke Indonesia.

Pertanyaan: Kalau mau mengirim paket ukuran kecil bagusnya pakai jasa pengiriman apa?

Jawaban: Sebetulnya lebih hemat apabila menggunakan JPI Cargo. Sebab ekspedisi ini menyediakan box ukuran S/M. Hanya saja kalai lebih kecil, bisa menggunakan Pos Laju atau DHL (namun harganya lebih tinggi).

Pertanyaan: Apakah barang dari Malaysia yang masuk ke Indonesia harus melalu Bea Cukai? Kalau ada berapa biaya cukainya?

Jawaban: Anda tidak perlu lagi bayar beacukai. Syaratnya barang yang dikirim semuanya memang barang pribadi atau barang bekas dipakai. Hanya saha disarankan untuk menghindari mengirim barang dalam jumlah banyak. Misalnya sepatu sampai 30 bungkus.

Sesuai aturan, besaran tarif masuk marang dari luar negeri yang berlaku adalah sebesar 17,5%. Besaran tarif sebesar 17,5% merupakan total dari bea masuk sebesar 7,5%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% dan Pajak Penghasilan (PPh) 0%.

Pertanyaan: Apakah bisa kirim handphone (HP) dari Malaysia ke Indonesia?

Jawaban: HP dari luar negeri bisa. Hanya saja Anda harus daftar imei. Kalau tidak, HP Anda tidak bisa dipakai menggunakan kartu seluler. Hanya bisa pakai wifi. Jangan lupa juga. Batas harga HP hanya 500 dollar Amerika. Kalau lebih dari itu, maka harus Bea Cukai.

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek paket yang sudah dalam perjalanan?

Jawaban: Semya jasa pengiriman ada aplikasnya. Termasuk dengan Pos Laju Malaysia dan JPI Cargo. Anda akan diberikan nomor resi oleh perusahaan terkait.

Pertanyaan: Apakah bisa kirim barang elektronik seperti HP, laptop, dan komputer ke Indonesia?

Jawaban: Sebaiknya jangan. Sebab barang elektronik rawan rusak. Apalagi kalua perjalanan jauh dan dalam waktu menghitung minggu bahkan bulan.

Nah, apabila Anda memiliki pertanyaan atau informasi bermanfaat lainnya, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Demikianlah sajikan informasi pengalaman kirim barang dari Malaysia ke Indonesia dapat Anda ketahui di sini. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Kirim Barang dari Malaysia ke Indonesia"