Tips Kirim Paket dari Luar Negeri ke Indonesia dengan Aman

Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri kerap melakukan pengiriman barang atau paket masuk ke Indonesia. Untuk mengirim barang antar negara ke negara lain, tentu bukan hal yang sembarangan. Berikut tips kirim barang paket dari luar negeri ke Indonesia dengan aman.
Tips Kirim Paket dari Luar Negeri ke Indonesia dengan Aman
Pengiriman barang antar daerah ke daerah lain di dalam negeri mungkin sudah biasa Anda lakukan. Tetapi apabila Anda hendak mengirim barang dari luar negeri ke dalam negeri Indonesia, maka cara dan mekanismenya akan lebih ketat.

Walau demikian, saat ini telah hadir banyak jasa pengiriman barang internasional yang menjamin barang Anda aman sampai tujuan dengan tarif yang terbilang murah dan kompetitif. Jasa pengiriman paket dari luar negeri ini tentu mempermudah Anda melakukan pengiriman.


Apakah Anda hendak mengirim barang atau paket dari Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea, Jepang atau dari negara lain ke Indonesia, maka caranya relatif sama. Namun sebelum Anda melakukan pengiriman, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pahami.

Lima Tips Mengirim Barang Paket dari Luar Negeri ke Indonesia

1. Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Profesional dan Kredibel

Ketika Anda hendak mengirim barang dari luar negeri masuk ke Indonesia, maka Anda harus memilih layanan jasa pengiriman internasional yang professional dan kredibel. Jangan sembarangan memilih jasa pengiriman sebab bisa berakibat fatal misalnya kiriman Anda tidak sampai tujuan.

Pilihlan layanan pengirimanan yang bisa membantu Anda dalam mengurus serta memenuhi semuar persyaratan dokumentasi dan tentu yang mudah dan aman. Saat ini ada banyak layanan pengiriman di masing-masing negara di mana Anda tinggal.

Jika Anda merupakan WNI di Malaysia misalnya, Anda bisa mengirim paket ke Indonesia dengan menggunakan layanan Pos Malaysia yang memang jelas sudah dapat dipercayai dan barang Anda terjamin sampai tujuan.

Selain Pos Malaysia, Anda juga bisa memilih jasa pengiriman lainnya. Anda bisa cari sendiri di internet atau tanyakan kepada keluarga atau kerabat Anda yang pernah menggunakan jasa pengiriman.

2. Memilih Cara Pengiriman Paling Menguntungkan

Setiap jasa layanan pengiriman baik itu di dalam negeri atau antar negara tentu menawarkan jasa pengiriman dengan berbagai variasi. Apabila Anda ingin paket kiriman Anda tiba dengan cepat, tentu biaya yang perlu dikeluarkan lebih tinggi dibanding jenis pengiriman yang lebih memakan waktu.

Agar biaya pengiriman lebih lebih hemat, Anda bisa memilih metode pengiriman yang tepat. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan barang-barang Anda pada waktu dan tempat yang diinginkan. Yang perlu dipastikan, metode pengiriman Anda cocok dengan barang yang hendak Anda kirim.

Anda bisa memilih tiga metode pengiriman, yaitu:

Ocean Freight/Melalui Laut: Cocok untuk pengiriman barang yang besar atau masal atau barang yang tidak memerlukan pengiriman cepat.

Air Freight/Melalui Udara: Cocok untuk pengiriman dalam jumlah yang lebih kecil atau barang yang butuh mendesak untuk sampai tujuan.

Truk dan Kereta Api/Melalui Darat: Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah dengan lautan dengan negara lain. Maka layanan ini merupakan cara pengiriman yang dikombinasi dengan pengiriman laut dan udara.

Anda perlu menghitung seberapa cepat barang untuk sampai ke alamat Anda. Karena itu, perlu dipikirkan alternatif apakah perlu dikirim melalui udara atau laut.

3. Jaminan Atau Asuransi dari Jasa Pengiriman

Anda disarankan untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan asuransi atau jaminan pada barang-barang yang Anda kirim dari luar negeri. Apalagi bila Anda mengirim jenis barang yang sensitive dan bisa mengalami kerusakan akibat benturan selama pengiriman.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengirim, komunikasikan atau pastikan kepada layanan jasa pengiriman bahwa barang Anda harus aman dan tidak rusak ketika sampai tujuan ke Indonesia.

4. Pastikan Barang Kiriman Tidak Terlarang

Yang perlu Anda ingat bahwa setiap barang yang Anda kirim dari luar negeri ke dalam Indonesia akan melalui berbagai rangkaian pemeriksaan yang ketat dan detail. Jadi pastikan barang Anda legal dan telah melalui mekanisme persyaratan negara terkait. Informasi tentang hal ini dapat Anda ketahui dari pihak Bea Cukai atau Freight Forwarder yang Anda kenal.

5. Periksa Barang Kiriman Setelah Tiba

Ketika barang kiriman Anda telah tiba di tempat, Anda harus memeriksanya dengat teliti. Pastikan tidak ada kerusakan atau ada barang yang hilang. Setiap kerusakan harus dicatat secara jelas dan disimpan.

Jika ada barang Anda yang rusak atau kurang, Anda harus langsung memberitahukan kepada layanan pengiriman terkait dan minta pertanggungjawaban mereka. Anda bisa mengajukan klaim pada jaminan atau asuransi yang diberikan jasa pengiriman.


Jangan lupa untuk foto dan data pendukung lainnya tentang kerusakan barang. Jangan membuang barang yang rusak dari bungkusan sebelum diperiksa oleh jasa pengiriman terkait.

Demikianlah lima tips kirim paket dari luar negeri ke Indonesia dengan aman. Kiranya ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda yang hendak mengirim barang dari Malaysia, Singapura, Korea, Hongkong, Taiwan, India, Jepang atau negara lain ke Indonesia.

0 Response to "Tips Kirim Paket dari Luar Negeri ke Indonesia dengan Aman"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel