Gaji TKI TKW Taiwan Tahun 2019, 10 Juta Per Bulan?

Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan berjumlah sekitar 200 ribu. Taiwan adalah salah satu negara tujuan TKI terbesar di dunia setelah Malaysia dan Arab Saudi. Apa yang membuat banyak warga Indonesia ingin bekerja di sana? Lantas berapa gaji TKI TKW Taiwan pada tahun 2019 ini?
Di Taiwan ada berbagai pabrik industri tempat TKI bekerja. Antara lain pabrik textil, sparepart mobil, welder/tukang las, pipa besi, elektro, plastic, marmer, pendingin makanan.
Dilansir dari Detik, menurut seorang TKI, Titi Choiriyah, penghasilan di Taiwan sebenarnya beragam. Tetapi kata dia, untuk ukuran TKI baru, rata-rata mendapatkan gaji sebanyak 22.000 NTD/bulan bagi yang bekerja di pabrik.

22.000 NTD/bulan jika dirupiahkan sekitar 10,4 juta rupiah. Dibandingkan dengan buruh pabrik di Indonesia, nilai itu tentu jauh lebih besar. Di Indonesia, rata-rata upah minimum adalah 2 juta dan paling tinggi 4 juta.

TKI berprofesi sebagai asisten rumah tangga (ART), gaji mereka lebih rendah dengan pekerja pabrik. ART di Taiwan semua merupakan tenaga kerja wanita (TKW). Gaji TKW ART sebesar 17.000 NTD. Bila dikonversi ke rupiah berarti 8 juta lebih.

Nah walaupun mendapatkan penghasilan yang banyak, tetapi biaya hidup di Taiwan boleh dikata lumayan besar. Jumlah pengeluaran untuk makanan, tempat tinggal, hingga berbagai keperluan lainnya cukup mencekik kantong.

Jika tak pandai-pandai mengatur uang, TKI bisa kehabisan tabungan. Biasanya TKI yang bekerja di pabrik, mereka perlu lembur agar boleh banyak menabung. Beda dengan pembantu rumah tangga yang tempat tinggal dan makanannya sudah ditanggung majikan. Sehingga mereka boleh lebih banyak tabungan.


Syarat Bekerja di Taiwan
Gaji TKI dan TKW di Taiwan tahun 2019 ini, sebenarnya sudah diatur dalam regulasi Departemen Tenaga Kerja atau Ministry of Labor (MOL). Dengan jumlah sebesar yang disebutkan di atas.

Nah apakah Anda tertarik bekerja di Taiwan dengan penghasilan sebesar itu? Jika Anda tertarik, maka ada berbagai persyaratan yang perlu Anda lengkapi.

Di Taiwan, ada banyak pabrik industri yang bisa menjadi tempat Anda bekerja. Antara lain pabrik textil, sparepart mobil, welder/tukang las, pipa besi, elektro, plastic, marmer, pendingin makanan.

Aneka persyaratan dokumen yang perlu disiapkan bagi calon TKI di pabrik seperti KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, Akte Kelahiran, surat keterangan kesehatan, SKCK, paspor, surat izin keluarga (suami, istri, orang tua), dan keperluan lainnya. Disyaratkan juga batas usia yaitu minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Ijazah bisa lulusan SD, SMP, SMA.

Lantas, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bekerja di pabrik Taiwan. Nah biasanya, biayanya sebesar 35 juta sampai dengan 38 juta. Ini akan sesuaikan dengan job. Dibayar tunai, tanpa potong gaji, atau pembayaran dengan di-ansur.

Sementara itu, persyaratan bagi calon TKI di sektor informal seperti pembantu rumah tangga berbeda dengan di pabrik. Seperti disebutkan di atas, gaji untuk TKW atau PRT di Taiwan sebesar 7 juta hingga 8 juta rupiah perbulan.

Tetapi hati-hati bila TKI diberangkatkan tidak resmi. Tidak ada jaminan akan mendapatkan penghasilan seperti itu. Anda harus berangkat dengan resmi melalui PT penyalur tenaga kerja dan mengikuti mekanisme yang ditetapkan depnaker atau BNP2TKI.

Calon TKI atau TKW di Taiwan tahun 2019 akan memperoleh tempat tinggal dan makan dari majikan, biaya daftar gratis (gaji dipotong sebesar 2,3 juta perbulan sampai 9 bulan). 

Harus wanita berumur minimal 23 tahun. Sedangkan lama kontrak adalah tiga tahun dan bisa diperpanjang. Sebelum berangkat, semua TKW akan mendapatkan pelatihan.

Sementara itu, berbagai dokumen persyaratan yang wajib adalah KTP, KK, akte kelahiran, surat izin keluarga dan paspor.

Yang perlu diketahui, TKW di Taiwan tidak mendapatkan hari libur kecuali atas persetujuan majikan. Anda diwajibkan bekerja sebulan penuh. Hal ini berbeda dengan TKW di Hongkong yang memiliki satu hari libur tanpa gaji dalam seminggu. Akan tetapi, TKW Taiwan sesuai aturan bisa mengambil cuti berlibur atas persetujuan majikan.

Demikianlah informasi tentang gaji TKI TKW Taiwan tahun 2019. Kiranya memberikan gambaran bagi Anda terutama yang ingin berangkat dan bekerja di Taiwan.(*)

0 Response to "Gaji TKI TKW Taiwan Tahun 2019, 10 Juta Per Bulan?"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel