Lima Cara Kirim Uang ke Luar Negeri 2020. Aman, Murah, Cepat

Anda ingin kirim uang ke Malaysia, India, Arab, Hongkong, Taiwan, Singapura, atau negara lain? Nah berikut disajikan lima cara kirim uang ke luar negeri. Anda bisa terlebih dulu membandingkan lalu memilih cara pengiriman internasional yang aman, murah, dan cepat.
Di era modern saat ini, ada banyak cara bisa dilakukan untuk transfer uang. Bisa melalui bank, mesin ATM, mobile banking, dan sms banking. Apabila Anda tak punya buku rekening, Anda tetap bisa mengirim uang melalui Alfamart, Indomaret, Weselpos, dan juga Western Union. Nah lantas bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri seperti Malaysia?

Barangkali mungkin, untuk melakukan transfer uang dalam negeri sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah bagi Anda. Banyak sekali metode pengiriman yang bisa Anda pilih. Tapi untuk melakukan pengiriman ke luar negeri mungkin jarang atau bahkan belum pernah Anda lakukan.

Nah, untuk pengiriman uang internasional tentu tidak salah apabila Anda perlu selektif memilih caranya. Anda pasti ingin memilih cara transfer uang ke luar negeri yang aman dan murah. Ingin kirim uang ke Malaysia, Australia, Amerika, Inggris, atau ke negara mana tentu saja bisa. Berikut lima cara kirim uang ke luar negeri:

Western Union

Pengiriman uang internasional melalui Western Union boleh dikata merupakan yang paling populer di dunia saat ini. Layanan Western Union menyebar di 200 negara luar negeri. Keunggulan Western Union adalah aman, mudah, cepat, dan dianggap murah dibanding dengan penyedia layanan transfer internasional lainnya.

Nah untuk melakukan transfer ke luar negeri dengan metode ini, Anda cukup mendatangi kantor atau agen Western Union terdekat dengan tempat tinggal Anda. Di mana tempatnya, Anda bisa cek melalui pencarian lokasi agen Western Union.
Mencari lokasi agen Western Union
Untuk kantor dan agen Western Union di Jakarta ada banyak. Apabila Anda dari daerah lain, Anda tinggal mengganti postal kota atau provinsi dan tekan GO. Lokasi Western Union terdekat dari tempat Anda akan muncul di peta.

Langkah-langkah pengiriman melalui Western Union:

- Setelah Anda menemukan tempat layanan Western Union terdekat, siapkanlah semua persyaratan pengiriman. Seperti kartu tanda penduduk (KTP), SIM, dan uang yang hendak Anda kirimkan.

- Setibanya di tempat, silahkan Anda menuju ke custumer service dan katakan Anda ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

- Petugas Western Union akan memberi Anda formulir pengiriman. Isilah formulir tersebut sesuai dengan apa yang diminta.

- Setelah itu, berikanlah KTP Anda kepada petugas. Mereka akan mencocokkan apakah formulir yang Anda isi sudah sesuai.

- Petugas kemudian akan meminta uang yang hendak Anda kirim. Apabila pengiriman dilakukan ke luar negeri, maka mereka juga akan menyampaikan berapa uang yang akan masuk setelah rupiah dikonversi ke mata uang asing sesuai yang diinginkan.

- Jangan lupa Anda juga akan diminta biaya administrasi pengiriman ke luar negeri. Pengiriman uang ke luar negeri di bawah 750.000 dikenakan biaya pengiriman sekitar Rp. 112.500. Untuk 750.001 sampai 1.500.000 biaya sekitar Rp. 165.000. Selengkapnya Anda bisa menyimak tabel di bawah.
Biaya Pengiriman Western Union
- Jangan lupa menyampaikan kepada penerima uang bahwa Anda telah mengirim melalui Western Union. Sampaikan identitas pengirim, nominal yang ditransfer, serta nomor referal atau kode MTCN untuk pengambilan uang.

Nah, uang yang Anda transfer ke luar negeri, bisa diantar langsung oleh petugas Western Union di sana apabila Anda memanfaatkan layanan antar jemput uang. Tapi layanan ini tentu ada biaya tambahannya.

Adapun, waktu yang dibutuhkan sampai uang masuk ke penerima di luar negeri yaitu sekitar dua sampai tiga hari atau satu minggu. Secara detail, hal ini bisa ditanyakan langsung ke petugas Western Union. Anda juga bisa mengecek secara update melalui layanan checking online Western Union.

Cara Update Cek Kiriman Western Union Online

Top Remit

Anda hendak kirim uang ke Malaysia, India, Singapura, atau Japan? Nah Top Remit bisa jadi pilihan Anda. Penyedia layanan transfer internasional ini bisa dijamin aman dan murah. Top Remit telah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Biaya pengiriman Top remit sangat murah dan transparan. Kalau Anda mengirim uang Rp. 1.000.000 ke Malaysia, ketika dikonversi ke mata uang ringgit maka uang akan sampai ke penerima yakni 288 ringgit (30 Mei 2019). Konversi mata uang tersebut dapat Anda lihat langsung sebelum mengirimnya.
Cara dan biaya transfer dengan Top Remit
Nah, biaya pengirimannya hanya Rp 45.000 ribu. Apabila Anda mengirim Rp 10.000.000, biaya kirimnya tetap Rp45.000. Luar biasa murah dibanding penyedia jasa layanan transfer lainnya bukan? Selain aman dan murah, layanan ini mudah diakses karena tersedianya website dan aplikasi android Playstore. Top Remit juga menggunakan Bahasa Indonesia.

Cara transfer dengan Top Remit:

- Pertama, buatlah akun Top Remit yang baru. Daftarkan bisa melalui situs atau aplikasi Top Remit. Anda harus menyiapkan email, nomor telepon, dan kata sandi. Pendaftaran Top Remit tidak dipungut biaya alias gratis.

- Setelah Anda memiliki akun Top Remit, silahkan lakukan pengiriman. Login ke akun Top Remit dan pilih negara tujuan transfer. Adapun layanan ini masih terbatas di 13 negara yaitu Malaysia, India, Jepang, Bangladesh, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Mungkin akan bertambah.

- Pilihlah layanan kiriman uang. Top Remit menyediakan 4 metode pengiriman uang, yakni deposit, pengambilan tunai di loket, pengisian pulsa, dan e-Wallet.

- Masukkan nominal uang yang akan dikirim. Top Remit akan langsung menampilkan biaya pengiriman secara otomatis.

- Masukkan data penerima. Dan tekan kirim. Maka uang Anda akan segera terkirim hanya dalam hitungan menit.

Money Gram

Anda bisa memilih penyedia layanan transfer luar negeri dengan Money Gram. Biaya pengiriman layanan ini lebih murah dibanding dengan Western Union. Namun banyak orang Indonesia yang jarang memanfaatkan atau bahkan belum mengetahui Money Gram.

Biaya pengiriman Money Gram untuk skala sampai 900.000 hanya dikenai biaya Rp. 90.000. Sementara 900.000 sampai 1.800.000 makan biaya 130.000. Selengkapnya Anda bisa lihat melalui tabel di bawah.
Biaya Pengiriman Money Gram
Walaupun tak sebesar Western Union, tapi jangkauan Money Gram sangat luas. Tersebar di 170 negara dan 104.000 agen di seluruh dunia. Selain biaya kirim murah, keunggulan Money Gram juga adalah kecepatan transfernya yang hanya dalam hitungan menit.

Nah, Anda dapat mengirim uang ke bank-bank yang bekerja sama dengan Money Gram. Apabila tujuan pengiriman Anda tidak memiliki rekening bank mitra Money Gram, Anda bisa mengirim langsung ke agen Money Gram yang tersebar di banyak tempat. Agen Money Gram juga banyak berdiri di seantero Indonesia.

BACA JUGA: Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Terbaru

Cara kirim uang lewat Money Gram

- Carilah kantor atau agen Money Gram terdekat dengan tempat tinggal. Anda bisa mengecak lokasi agen melalui website pencarian lokasi agen Money Gram.
Mencari lokasi agen Money Gram
- Sebelum Anda berangkat, siapkanlah kartu identitas Anda. Seperti KTP, SIM, dan uang yang akan Anda transfer beserta biaya administrasinya.

- Setelah tiba di tempat pengiriman, katakan kepada petugas bahwa Anda ingin melakukan transaski internasional.

- Anda akan diberikan formulir pengiriman. Isilah dengan teliti dan serahkan kepada petugas.

- Petugas Money Gram kemudian akan mengecek formulir Anda. Setelah semua valid, petugas akan meminta uang transferan beserta biaya administrasinya.

- Ketika transfer selesai, Anda akan mendapat nomor referensi 8 digit. Beritahukan kode itu kepada penerima untuk pengambilan uang transferan Anda. Pastikan juga pihak penerima membawa tanda pengenal saat akan mengambil uang.

Wire Transfer

Apabila Anda memiliki nomor rekening bank di Indonesia, Anda bisa melakukan pengiriman langsung ke luar negeri melalui layanan Wire Transfer. Datanglah ke bank dan katakan kepada petugas Anda ingin transfer ke luar negeri. Petugas bank akan memberikan Anda slip, dan Anda tinggal mengisi sesuai petunjuk.
Layanan pengiriman uang Wire Transfer
Anda juga bisa melakukan pengiriman ke luar negeri melalui mesin ATM bank. Cukup dengan memasukkan kode SWIFT negara tujuan pengiriman uang, maka transfer sudah dapat dilakukan. Kode SWIFT tiap negara tergantung bank apa yang digunakan di luar negeri. Anda bisa tanyakan ini ke penerima uang dan petugas bank.

Jumlah biaya yang dikenakan melalui Wire Transfer adalah berbeda masing-masing bank. Kalau Anda menggunakan BCA misalnya, biaya transfer informasinya bisa mencapai 20 dollar. Bank lainnya biayanya bisa lebih rendah atau bahkan lebih tinggi.

Transferwise

Anda juga bisa melakukan transfer uang ke luar negeri dengan Transferwise. Layanan jasa transfer internasional ini tak sedikit dipilih orang Indonesia. Menurut kesaksian sejumlah pengguna, TransferWise dinilai lebih baik dibanding jasa lainnya soal fee pengiriman. Selengkapnya Anda bisa langsung ke website Transferwise.


Transfer uang ke luar negeri dengan Transferwise
Sayangnya warga Indonesia yang tidak bisa Bahasa Inggris, tentu akan urung memakai layanan ini karena hanya tersedia Bahasa Inggris. Tapi pilihan transfer uang ke luar negeri dengan Transferwise ini tidak salah untuk dicoba.

Demikianlah artikel tentang cara kirim uang ke luar negeri melalui 5 lima metode. Anda juga bisa mencari dan memilih cara transaksi internasional lainnya. Tapi lima cara di atas menjadi rekomendasi bagi Anda yang memilih layanan transfer yang mudah, murah, cepat, dan aman.(*)

Belum ada Komentar untuk "Lima Cara Kirim Uang ke Luar Negeri 2020. Aman, Murah, Cepat"

Posting Komentar

Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel