Tutup Jalur TKI Ilegal di Malaysia, Dua Pos Dibangun 2018

Warga Indonesia yang ingin masuk atau keluar dari Malaysia akan lebih dijaga ketat tahun 2018 ini. Pemerintah akan membangun dua pos untuk tutup jalur TKI ilegal di Malaysia.
Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban bakal membangun dua pos pengawasan untuk mencegah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Warga Negara Asing (WNA) ilegal dari Malaysia dan Singapura masuk ke Bintan.

Dua pos yang dibangun yakni di Kawasan Pariwisata Lagoi dan Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong. Dua kawasan ini biasanya selalu dijadikan jalan tikus oleh TKI dan WNA ilegal. Apalagi di Hari Raya Idul Fitri, arus kedatangan TKI dan WNA biasanya meningkat banyak.


Sarsaralos, Kepala Seksie Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasie Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban mengatakan, dua pos tersebut bakal dibangun dalam waktu dekat. Tujuannya kata dia, untuk mengawasi TKI dan WNA ilegal yang datang ke Bintan.

“Banyak oknum-oknum yang diduga kuat memanfaatkan jalur perbatasan untuk memasukkan TKI dan WNA dengan diam-diam ke Bintan,” akunya.

Setelah TKI dan WNA ilegal masuk ke Bintan dengan sembunyi-sembunyi, mereka melanjutkan perjalanan untuk menuju ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Baik itu ke bagian barat, tengah maupun timur Indonesia. “Informasi seperti inilah yang kami terima. Makanya dua kawasan itu harus dijaga,” jelasnya.


Kabupaten Bintan diketahui begitu dekat dengan negara-negara lainnya. Jalur perbatasannya sangat luas serta garis pantainya begitu panjang. Kemungkinan besar pelanggaran imigrasi sering terjadi. Makanya jalur perbatasan itu dijaga ketat.

Akan disiagakan juga satu unit kapal patroli oleh Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban dalam operasi penjagaan di dua pos itu. Kapal tersebutlah yang bakal digunakan untuk menggelar patroli serta menyisir dan mengejar target.

“Kami sementara berkoordinasi dengan pihak terkait guna membantu operasi ini. Tetapi kami juga bakal berusaha semaksimal mungkin melakukan pengawasan dengan jumlah personel kami,” tutup dia.


Demikianlah informasi rencana pemerintah membangun dua pos untuk tutup jalur TKI ilegal di Malaysia.(*)

Belum ada Komentar untuk "Tutup Jalur TKI Ilegal di Malaysia, Dua Pos Dibangun 2018"

Posting Komentar

Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel