Cara Transfer Uang Malaysia ke Indonesia Melalui Bank

Di zaman sekarang ini, transaksi keuangan dari negara satu ke negara lain adalah hal yang mudah dilakukan. Banyak layanan transfer internasional bisa dipilih, salah satunya lewat bank. Berikut cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank.
Untuk melakukan transferan dari luar negeri misalnya Malaysia, maka Anda harus menggunakan kode SWIFT.
Jumlah penduduk Indonesia di Malaysia merupakan yang terbanyak di dunia. Mencapai sekitar 9 juta jiwa. Ini karena Malaysia adalah negara tujuan tertinggi tenaga kerja asal Indonesia.

Banyak WNI yang setelah mendapatkan banyak uang di Malaysia, lalu pulang ke Indonesia dan membangun usaha dari hasil pekerjaan mereka di tanah Jiran.


Ada juga WNI yang betah tinggal berlama-lama di Malaysia. Mereka menabung uang di Malaysia lalu mengirimkan ke keluarga atau kerabat di Indonesia. Ada banyak pilihan yang bisa diambil untuk kirim uang ke Indonesia seperti misalnya Western Union.


Nah, lantas bagaimana cara jika pengiriman uang dilakukan melalui bank? Transfer antar sesama bank atau ke bank lain mungkin sudah lumrah Anda lakukan di Indonesia.


Tapi bagaimana jika transfer itu dilakukan dari luar negeri seperti Malaysia ke Indonesia yang punya mata uang berbeda? Untuk menjawab itu, di sini disajikan cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank.


Untuk melakukan transferan dari luar negeri misalnya Malaysia, maka Anda harus menggunakan kode SWIFT. Kode SWIFT merupakan singkatan dari Society For World Wide Interbank Financial Telecommunication. Kalau di luar negeri, dinamakan Bank Rounting Number.


BACA JUGA: Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Terbaru


Adapun kode SWIFT beberapa bank di Indonesia yaitu:

Bank Mandiri: BEIIIDJ
Bank BCA: CENAIDJA
Bank Indonesia: INDOIDJA
Bank Danamon: BDINIDJA
Bank International Indonesia: IBBKIDJA
Bank BNI: BNINIDJA
Bank BRI: BRINIDJA
Bank Mandiri: BMRIIDJA
Bank BTN: BTANIDJA

Nah untuk melakukan transferan dari negeri asing cukup memasukkan kode SWIFT di atas. Termasuk jika ingin melakukan transaksi uang dari Malaysia ke Indonesia. Kode SWIFT bank lainnya dapat Anda search di google. Berikut panduan cara transfer uang dari Malaysia ke bank di Indonesia.


Pertama, Anda cari dan pergilah ke bank terdekat di Malaysia. Sebelum jalan, pastikan Anda menyiapkan kartu identitas dan nominal uang yang akan dikirimkan.


Setelah tiba di bank, ambilah nomor antrian dan katakan ke security bahwa Anda ingin melakukan transaksi internasional, dalam hal ini ke Indonesia. Satpam akan memberikan Anda slip pengiriman atau Anda akan diarahkan untuk mengambilnya sendiri di tempat yang sudah disediakan.


Isilah slip tersebut dengan menggunakan kode SWIFT sesuai bank tujuan Anda. Isilah nama bank tujuan, nama orang penerima, nomor rekening tujuan, kode SWIFT bank tujuan. Jangan lupa juga kode alamat bank tujuan.


Contohnya jika ingin transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BRI maka:

namakamu/123657/BRINIDJA234

Penjelasan: BRINIDJA adalah kode swift BRI dan 234 adalah kode cabang BRI di Indonesia. Kalau Anda tidak mengetahui kode cabang BRI di Indonesia yang jadi tujuan transfer Anda, maka carilah di google untuk kode cabang tersebut. Pasti akan ketemu.


BACA JUGA: Cara Transfer Uang dari Indonesia ke Maybank Malaysia


Lama waktu yang diperlukan sampai uang Anda tiba di rekening BRI Indonesia dengan selamat adalah sekitar 3 sampai 7 hari. Hal ini karena uang Anda yang dalam mata uang ringgit, masih akan dikonversikan ke rupiah sesuai nilai ringgit ke rupiah di waktu transfer.


Untuk biaya pengiriman, akan dikenakan sekitar 50 ribu ke atas, tergantung kebijakan tiap-tiap bank. Teller bank pasti akan memberitahu Anda.


Demikianlah cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, Bank Indonesia, Danamon, BTN. Kiranya bisa membantu Anda.(*)

0 Response to "Cara Transfer Uang Malaysia ke Indonesia Melalui Bank"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel