Empat Cara Transfer Uang ke Malaysia Tahun 2020

Cara transfer uang ke Malaysia tahun 2020 dapat Anda lakukan dalam beberapa pilihan. Anda bisa mengirim uang ke Malaysia menggunakan rekening bank Anda di Indonesia, Western Union, Money Gram, dan Top Remit.

Penduduk Indonesia yang sementara berada di Malaysia mencapai jutaan. Banyak yang tinggal di Negeri Jiran sebagai tenaga kerja Indonesia.

Akibat jumlahnya yang banyak di Malaysia, mendorong meningkatnya transaksi keuangan antar kedua negara ini yang dilakukan oleh warga negara masing-masing.

Banyak yang setelah menerima gaji di Malaysia, lalu mengirim uangnya kepada keluarga di Indonesia. Sebaliknya pula tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengirim uang bagi keluarga atau kerabatnya yang sementara tinggal di Malaysia.


Untuk mengirim uang ke Malaysia dari Indonesia tidak sulit. Tapi tentu tidak juga semudah mengirim uang antar daerah. Ini karena ada perbedaan mata uang antar kedua negara. Indonesia dengan rupiah dan Malaysa dengan ringgit.

Oleh karena itu, saat mengirim uang rupiah dari bank di Indonesia ke bank di Malaysia yang menggunakan ringgit, terlebih dahulu rupiah yang Anda kirim akan dikonversi ke ringgit.

Untuk mempermudah agar supaya Anda bissa memilih layanan pengiriman uang internasional ke Malaysia yang pas dan hemat, maka berikut disajikan empat caranya.

Lewat Bank 
Cara transfer uang ke Malaysia melalui Maybank

Anda bisa mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank. Ada banyak bank di Indonesia tapi yang sangat direkomendasikan jika Anda mengirim lewat Maybank Malaysia ke Maybank Malaysia.

Sebab pasti biaya pengiriman akan lebih hemat mengingat transfer dilakukan sesama bank meskipun berbeda mata uang. Apalagi Maybank sendiri banyak tersebar di Malaysia dan Indonesia sehingga apabila Anda mengirim ke Maybank maka akan lebih gampang bagi penerima uang.

Jika Anda memiliki rekening Maybank Malaysia maka itu lebih bagus. Carilah Maybank terdekat dengan posisi Anda berada. Setibanya di bank katakana kepada petugas bahwa Anda ingin mengirim uang ke Malaysia.

Anda kemudian akan mendapatkan informasi detail di bagian customer service. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir/slip pengiriman uang dengan format standar yang hampir sama pada setiap bank.

Beberapa data akan dibutuhkan seperti: nama akun pengirim, nomor akun pengirim, nama akun penerima, kemudian nomor akun penerima yang disertai kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecomunications).

Kode SWIFT adalah kode unik yang digunakan setiap bank untuk mempermudah transaksi pengiriman uang antar negara. Kode SWIFT terdiri dari 8-11 karakter, dan akan berbeda pada masing-masing negara.

Swift Code Bank Maybank Indocorp sendiri adalah MBBEIDJA

Tapi sebaiknya Anda memastikan kejelasan bagaimana cara transfer uang dari Maybank ini ke admin bank.


2. Western Union 
Cara kirim uang ke Malaysia via Western Union

Anda juga bisa kirim uang dari Indonesia ke Malaysia menggunakan Western Union. Wester Union adalah penyedia layanan transaksi keuangan yang sudah terkenal di dunia. Sedari dulu, banyak orang yang menggunakan layanan Western Union.

Western Union mudah ditemukan di negara mana saja. Tidak hanya di Indonesia, di Malaysia keluarga atau kerabat Anda akan dengan mudah menemukan Western Union terdekat.

Uang dijamin terkirim ke luar negeri dengan aman, murah, juga cepat. Berapa biaya pengiriman Western Union juga termasuk murah.

3. Top Remit 
Cara kirim uang ke Malaysia dengan Top Remit

Top Remit dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin transfer uang ke ke. Top remit sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia sehingga penyedia layanan transfer internasional ini bagi pengguna, bisa dijamin aman dan tergolong murah.

Biaya kirim Top remit hanya Rp 45.000 ribu saja (update Juni 2019. Dapat berubah sewaktu-waktu). Berapapun uang yang hendak Anda kirim, satu juta atau 10 juta, biaya kirimnya masih Rp45.000.

4.  Money Gram 
Cara transfer uang ke Malaysia lewat MoneyGram

Selain Western Union dan Top remit, Money Gram layak Anda pertimbankan sebagai layanan pengiriman uang terbaik tahun 2020. Anda bisa melakukan transfer ke luar negeri di Malaysia dengan Money Gram.

Jika dibanding Western Union, biaya pengiriman layanan Money Gram lebih hemat. Anda hanya dikenakan taginan transfer sebesar Rp 90.000 untuk besaran pengiriman Rp 900.000.


Walaupun cabangnya tak sebanyak Western Union, tapi Money Gram sudah menyebar hampir di seluruh dunia termasuk di Malaysia.

Money Gram hadir di 170 negara namun banyak orang Indonesia yang belum mengetahui Money Gram. Sehingga layanan ini tak banyak dipakai seperti Western Union.

Itulah empat cara transfer uang ke Malaysia tahun 2020. Metode pengiriman internasional di atas tentu semuanya boleh dikatakan aman.

Silahkan dipilih layanan transaksi internasional yang terbaik menurut Anda.

Belum ada Komentar untuk "Empat Cara Transfer Uang ke Malaysia Tahun 2020"

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan, pendapat, atau pengalaman Anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel