Gaji TKI dan Peluang Kerja di Korea Selatan 2020

Gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan tahun 2020 ini bisa mencapai 30 juta rupiah perbulan. Kesempatan untuk bekerja di Korea Selatan terbuka lebar.
Gaji TKI di Korea Selatan bisa mencapai 30 juta rupiah dalam sebulan
Indonesia saat ini sementara menikmati bonus demografi. Di mana penduduk usia produktif 16-65 tahun jumlahnya lebih banyak daripada mereka yang berusia 0-15 dan 65 tahun ke atas.

Oleh karena itu, tidak heran saat ini banyak pemuda di Indonesia sementara mencari kerja. Salah satu pekerjaan yang bagus Anda pertimbangkan adalah dengan bekerja di luar negeri.

Nah negara apa yang tepat untuk menjadi tujuan kerja Anda? Direkomendasikan bagi Anda adalah Negeri Ginseng Korea Selatan.

Alasannya selain keadaan yang sangat kondusif dan nyaman, tentunya karena gaji TKI di Korea Selatan terbilang besar. Lantas berapa penghasilan TKI Korea Selatan?


Gaji TKI di Korea Selatan

Menurut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), pekerja migran di Korea Selatan bisa menghasilkan gaji mencapai Rp30 juta per bulan.

Bagi TKI yang sudah bertahun-tahun tinggal di Korea, pendapatan mereka bahkan bisa mencapai miliaran rupiah.

“Tenaga kerja Indonesia di Korea, gaji net Rp21 juta per bulan, bisa mencapai Rp30 juta per bulan. Dubes kita di Korea kaget, tabungan tenaga kerja di Korea ini bisa di atas satu miliar rupiah,” ungkap Plt Kepala BNP2TKI Tatang Budie Utama Razak tahun 2019, dilansir dari Tempo.

Gaji UMR terendah di Korea memang sekitar 1.550 ribu won atau berkisar Rp 17 jutaan. Dengan gaji sebesar itu, jelas bahwa TKI di Korea bisa dikatakan makmur. Mereka bahkan mampu membeli mobil di sana.

Bekerja di Manufaktur & Perikanan

Jumlah WNI di Korea mencapai 40 ribu. Dari jumlah total itu, sekitar 36 ribu adalah TKI, yang hampir 90 persen laki-laki. Sementara yang lain banyak yang sekolah.

TKI di Korea Selatan banyak bekerja di sektor formal. Khusus Indonesia, hanya ada dua sektor yang bisa dimasuki, yakni manufaktur dan perikanan.

Diperkirakan ada sekitar 26 ribu TKI bekerja di pabrik UKM, seperti pabrik sepatu dan kain. Pabrik jenis UKM ini ada sampai ke pelosok desa di Korea Selatan.

Sementara di bidang perikanan, yang masuk dalam sistem ini adalah yang bekerja di tambak ikan dan kapal kecil dengan berat di bawah tiga ton.


Peluang Kerja di Korea Selatan

Nah bagi Anda yang berkeinginan bekerja di Korea Selatan, peluang cukup terbuka lebar. Apalagi Indonesia sudah mempunyai skema kerja sama Government to Government (G to G) dengan Korea Selatan untuk penempatan PMI.

Sudah sedari tahun 2011 hingga 2019, total WNI yang bekerja di Korea Selatan sebanyak 56.283 orang Indonesia. Dari data Kementerian Ketenagakerjaan, pada Januari—Mei 2019, sebanyak 2.222 orang pekerja migran Indonesia (PMI) dikirim ke Korea Selatan.

Nah pada 2020 ini, kesempatan bekerja di Korea makin lapang dengan pakta Employment Permit System atau EPS. Ini mempermudah pengurusan izin WNI yang ingin bekerja di Korsel.

Peluang ini juga didukung fakta bahwa Korea Selatan sementara membutuhkan banyak tenaga kerja dari negara lain.

Tahun lalu, Korea Selatan membutuhkan 8.800 pekerja dari Indonesia. Hanya saja hingga Mei 2019, baru 2.222 orang pekerja asal Indonesia yang dikirim.


Syarat Kerja di Korea Selatan

Walaupun pendidikan PMI di Korsel rata-rata hanya syarat berpendidikan SMP, namun pemerintah Korea Selatan menetapkan standar tinggi bagi pekerja asing.

WNI yang dikirim ke Korsel harus melalui sejumlah tahapan tes. Yaitu verifikasi dokumen, ujian bahasa Korea, ujian kemampuan, terutama soal kesehatan pekerja.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia juga melakukan sertifikasi keterampilan calon pekerja migran sebelum berangkat ke Korea Selatan.

Nah jika Anda tertarik bekerja di negeri Korea, maka Anda bisa mengecek jadwal seleksi program G TO G ke Korea yang sudah dijadwalkan pemerintah setiap tahun di sini.

Pada Februari-Maret tahun 2020 ini, Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) melalui pemerintah Indonesia juga sudah membuka tes bagi pencari kerja yang berminat ke Korea.

Nah demikianlah informasi gaji TKI dan peluang kerja di Korea Selatan tahun 2020. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Gaji TKI dan Peluang Kerja di Korea Selatan 2020"

Posting Komentar

Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel