Gaji TKI di Brunei Darussalam Tahun 2020

Gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Brunei Darussalam tahun 2020 terbilang besar. Bahkan melebihi penghasilan TKI di Malaysia dan Singapura.
Gaji TKI di Brunei Darussalam
Brunei Darussalam bisa menjadi negara tujuan Anda untuk bekerja sebagai TKI di luar negeri 
Brunei Darussalam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang makmur secara internasional. Kekayaan minyak dan gas telah berkontribusi besar bagi kemajuan ekonomi Brunei Darussalam.

Saat ini Brunei Darussalam merupakan produsen minyak terbesar ketiga di Asia Tenggara. Tidak heran bila pendapatan perkapita masyarakat Brunei Darussalam mencapai 77.700 dolar dalam setahun atau jika dirupiahkan menjadi 1 miliar lebih.


Gaji TKI Brunei

Oleh karena itu, Brunei Darussalam menjadi salah satu negara tujuan favorit Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Gaji TKI di Brunei bahkan bisa mencapai 126 juta sebulan untuk pekerjaan professional.

Adapun jumlah TKI di Brunei Darussalam tahun 2019 kemarin diperkirakan mencapai 32.000 jiwa. Sesuai data Kedutaan Besar RI, gaji perbulan TKI di Singapura adalah 1.200 BND (Dolar Brunei Darussalam) atau 12 juta rupiah sebulan.

Tetapi memang benar ada juga pekerjaan di Brunei yang memberikan gaji sampai BND 12.308 atau 126 juta hanya dalam waktu satu bulan (Dilansir dari Kumparan, 30 Desember 2019).


Anda yang ingin bekerja di Brunei Darussalam jangan khawatir gaji kemudian tidak terbayar atau dipending oleh pihak perusahaan atau majikan.

Sebab banyak perusahaan atau majikan yang terbukti menggaji TKI sesuai dengan apa yang menjadi perjanjian. Jikapun terjadi masalah, pemerintah Indonesia hadir untuk membantu.

Pemerintah Bantu WNI

KBRI selalu siap memperjuangkan gaji yang menjadi hak Anda. Contohnya pada Januari sampai Desember 2019 lalu, KBRI telah menyelamatkan uang TKI sampai Rp3,5 miliar.

Adapun TKI yang bekerja di Brunei tersebar di berbagai bidang, terutama di sektor minyak dan gas bumi serta konstruksi. Ada juga di sektor jasa, perdagangan, manufaktur, perhotelan, perkebunan, dan perikanan.

Mereka yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) juga boleh dikatakan tidak sedikit. Kebanyakan bekerja sebagai pembantu atau asisten rumah tangga bagi majikan di Brunei.

Dilansir dari siaran pers KBRI Bandar Seri Begawan, pelayanan publik dan perlindungan TKI di KBRI Bandar Seri Begawan akan senantiasa ditingkatkan untuk menjamin kehadiran negara bagi WNI dan PMI di Brunei Darussalam.


“Hal ini juga sebagai bentuk implementasi dari Nawa Cita, program Presiden RI Bapak Joko Widodo. Selain itu, hubungan bilateral RI- Brunei yang baik akan terus ditingkatkan di berbagi sektor termasuk di bidang ketenagakerjaan,” tulis siaran pers KBRI Bandar Seri Begawan.

Bekerja di luar negeri khususnya Brunei Darussalam bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Sebab dibanding negara tetangga lainnya, gaji TKI di Brunei Darussalam tahun 2020 ini lebih besar.

2 Komentar untuk "Gaji TKI di Brunei Darussalam Tahun 2020"

  1. Ada kerja untuk negara brunei kah..dan kerja bagian apa

    BalasHapus
  2. berapa besar kah gaji tki brunai darussalam

    BalasHapus
Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel