Pemerintah Malaysia Berikan Kuota Internet Gratis

Pemerintah Malaysia akan memberikan kuota internet gratis kepada masyarakat mulai 1 April 2020. Kebijakan ini untuk membantu warga terdampak Corona.
Penduduk yang tinggal di Malaysia akan mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah
Kuota internet gratis ini dapat dinikmati seluruh rakyat Malaysia dan mungkin juga penduduk asing yang sementara tinggal di Malaysia. Tentu saja termasuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Dilansir dari Mashable, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan untuk memberi paket stimulus ekonomi senilai USD 58 miliar.

Nilai tersebut setara dengan dengan Rp 923 kuadriliun (USD 1 = Rp 16 ribu) untuk membantu warga Malaysia yang terkena dampak pandemi virus Corona.

Kebijakan tersebut, setelah pada tanggal 18 Maret lalu, pemerintah Malaysia menerapkan perintah pengendalian pergerakan atau movement control order (MCO) guna mengontrol penyebaran Corona.


Ini mengakibatkan perekonomian Malaysia terpukul. Sebanyak 33.000 pekerja Malaysia mengalami kesulitan setelah mereka terpaksa cuti tanpa dibayar.

Paket stimulus ekonomi yang akan dikucurkan pemerintah tersebut terbagi dalam sejumlah sektor. Salah satunya yakni telekomunikasi.

Pemerintah memberikan dana senilai USD 139 juta untuk akses internet gratis bagi warga Malaysia. Internet gratis ini mulai dapat digunakan pada 1 April mendatang sampai aturan MCO dicabut.

Sementara itu, anggaran untuk meningkatkan kemampuan jangkauan jaringan akan diberikan dana senilai USD 93 juta.

Sebelumnya, Perdana Menteri sebelumnya yakni Dr Mahathir Mohamad, telah mengumumkan Paket stimulus ekonomi ini pada Februari lalu.


Ia telah mengalokasikan dana USD 4,6 miliar untuk meredam dampak ekonomi akibat virus corona. Dana sekitar USD 30 miliar akan digunakan untuk menjaga kesejahteraan warga Malaysia.

Lalu USD 23 miliar digunakan untuk membantu bisnis lokal & UKM. Juga paket tambahan USD 46 juta yang digabungkan ke kumpulan dana USD 4,6 miliar.

Penambahan dana USD 23 juta sebelumnya sudah ada USD 116 juta untuk diberikan ke bagian kesehatan. Lalu tunjangan khusus sampai USD 139 per bulan disiapkan khusus kepada para tenaga medis.

“Kami adalah negara yang berperang dengan pasukan tak kasat mata,” kata Muhyiddin dalam siaran langsung ke Malaysia pada 27 Maret 2020.

Menurutnya, situasi yang dihadapi sekarang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. “Pemerintah ini mungkin bukan pemerintah yang Anda pilih. Tetapi saya ingin Anda semua tahu bahwa pemerintah ini peduli terhadap Anda,”.


“Saya pasrah pada kenyataan bahwa saya datang sebagai perdana menteri bukan pada saat terbaik. Saya menghadapi krisis politik, ekonomi dan kesehatan pada saat yang bersamaan,” pungkas Muhyiddin.

Belum diketahui persis bagaimana cara pemerintah memberikan kuota gratis ini kepada masyarakat. Apakah mungkin melalui jasa telekomunikasi di Malaysia atau lainnya.

Itulah informasi kuota internet gratis dari pemerintah Malaysia kepada warganya. Kepada WNI di Malaysia, mungkin Anda dapat juga menikmati paket internet gratis ini.

Belum ada Komentar untuk "Pemerintah Malaysia Berikan Kuota Internet Gratis"

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan, pendapat, atau pengalaman Anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel