Ribuan TKI Malaysia Pulang ke Indonesia

Ribuan TKI Malaysia pulang ke Indonesia secara massal mulai pekan ini. Sebagai dampak dari keputusan pemerintah Malaysia melakukan lockdown akibat krisis Corona.
Dampak lockdown, ribuan WNI di Malaysia mulai pulang ke Indonesia  
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia mulai pulang dari negeri Jiran setelah pemerintah melakukan lockdown imbas pandemi Covid-19. Ribuan TKI menempuh perjalanan melalui pelabuhan di Karimun dan Dumai.

“Jumlahnya saya belum tahu pasti, tapi kapasitas satu kapal di Dumai berkisar 200-300 orang satu hari. Tapi ini akan tiap hari karena sekarang kewalahan di Karimun. Di sana sampai ribuan. Ini kita saatnya bantu saudara-saudara kita,” ujar Gubernur Riau, Syamsuar di Pekanbaru, Rabu (25/3).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah memerintahkan Riau mempersiapkan Pelabuhan Dumai untuk kedatangan pekerja Indonesia dari Malaysia. Ini karena banyak TKI sudah menumpuk di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.


TKI Indonesia di Malaysia diharapkan bisa secepatnya melalui Pelabuhan Dumai. Gubernur Riau terus berkonsultasi dengan Mendagri dan berkoordinasi dan Wali Kota Dumai.

WNI dari Malaysia Wajib Cek Suhu

Setiap WNI yang baru saja turun dari kapal di Pelabuhan Dumai, dicek suhu badannya. Mereka juga wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (HAC) oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama dinas kesehatan.

Apabila ada yang kedapatan suhunya melebihi 38 derajat, maka akan dikarantina. Sementara bagi TKI yang suhu badannya normal, bisa kembali ke daerah masing-masing dengan bus yang dikawal oleh aparat kepolisian.

TKI Malaysia Masuk Status ODP

Semua TKI yang datang dari Malaysia, secara otomatis akan masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Mereka harus melakukan isolasi diri sendiri. Dilarang berkeliaran selama minimal 14 hari. Karena disebut berpotensi membawa ataupun tertular Virus Korona dari Malaysia.

5000 TKI Pulang Lewat Kepri

Sementara itu, sejak 8 Maret 2020 sampai saat ini sudah sekitar 5.000 lebih TKI asal Malaysia yang pulang ke Indonesia melalui Provinsi Kepri.

Mereka pulang karena selain khawatir dengan kebijakan lockdown, juga kerena sudah mendekati lebaran. Hanya saja, Karimun dan Batamhanya dijadikan transit sebelum mereka pulang ke daerah asal.


Para WNI dipulangkan melalui jalur laut dari Setulang Laut-Johor Bahru ke Batam Center, kemudian dari Batam Center ke Telaga Punggur dan menuju Tanjungpinang.

Saat ini, Mereka sedang diisolasi selama 14 hari di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial Tanjungpinang.

Kepulangan ribuan TKI Malaysia ke Indonesia ini diharapkan aman-aman saja. TKI dari Malaysia yang merasa sedang demam atau ada gejala Corona, sebaiknya berinisiatif melakukan isolasi diri dan melapor ke pemerintah.

Belum ada Komentar untuk "Ribuan TKI Malaysia Pulang ke Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel