Cara Mencegah Tagihan Listrik Naik Terbaru Mei 2020

Banyak pelanggan PLN yang mengeluhkan pembayaran listrik. Berikut cara mencegah tagihan listrik naik terbaru Mei 2020.
Cara Mencegah Tagihan Listrik Naik Terbaru Mei 2020

Beberapa waktu belakangan ini, banyak masyarakat yang protes kepada PLN mengenai jumlah tagihan pemakaian listrik. Masyarakat menilai tagihan listrik PLN naik signifikan tak sesuai dengan jumlah pemakaian.

Merespon reaksi pelanggan ini, pihak PLN memberikan konfirmasi mengapa tagihan listrik pada Maret dan April tahun 2020 mengalami peningkatan.

Yaitu karena jumlah pemakaian listrik masyarakat yang melonjak sebagai akibat pandemic Covid-19. Pelanggan banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga berimbas pada pemakaian listrik berlebih.

Pihak PLN sendiri mengakui bahwa tagihan listrik kepada masyarakat memang tak didasarkan pada angka real pemakaian sebenarnya. Hal ini karena pencatatan pemakaian listrik oleh petugas ditangguhkan akibat wabah Corona.


Sebagai gantinya, besaran tagihan listrik kepada pengguna didasarkan pada jumlah pemakaian rata-rata dalam tiga bulan terakhir. Tidak mengherankan bila terjadi selisih jumlah tagihan dari PLN dengan pemakaian sebenarnya.

Rumus perhitungan rata-rata pemakaian tiga bulan terakhir ini disinyalir menjadi salah satu faktor mengapa tagihan melonjak drastis. Oleh karena itu, agar Anda membayar sesuai dengan pemakaian, maka berikut cara yang perlu Anda lakukan.

Cara Mencegah Tagihan Listrik Naik dengan Baca Meter Mandiri

Nah, dari keterangan resmi PLN, masyarakat yang tidak ingin tagihan listrik dihitung berdasarkan pemakaian tiga bulan terakhir, maka dapat melakukan pembacaan meter secara mandiri.

Yang dimaksud dalam hal ini yaitu masyarakat menunjukan bukti pemakaian listrik kepada pihak PLN melalui foto angka di stand meter. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Siapkan HP smartphone yang memiliki kualitas kamera yang relatif baik.

- Pergi ke alat meter Anda dan fotolah angka pemakaian di stand meter. Pastikan angka dalam stand terlihat dengan jelas. Tidak blur.

- Selanjutnya buka aplikasi WA dan kirimkan foto stand meter tersebut ke nomor WA layanan PLN yaitu 08122123123. (Sebaiknya simpan nomor WA PLN terlebih dahulu dalam kontak telepon Anda).

- PLN kemudian akan memverifikasi angka dalam foto tersebut dan membalas WA Anda yang sudah berisi jumlah tagihan yang harus ANda bayarkan.

INGAT! Layanan pelaporan baca meter mandiri ini hanya bisa dilakukan pada tanggal 24 sampai dengan 27 setiap bulannnya.

Apabila Anda tidak melaporkan baca meter mandiri dan rumah Anda belum didatangi petugas penagih listrik, maka PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan terakhir sebagai dasar tagihan rekening listrik.

Nah, begitulah informasi cara atau tips mencegah tagihan listrik naik terbaru Mei 2020 dengan melakukan baca meter mandiri sesuai petunjuk PLN. Semoga artikel ini bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Tagihan Listrik Naik Terbaru Mei 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel