Kantor PLN Bayar Listrik Gak Juni 2020 Ini? Berikut Penjelasannya

Apakah Anda harus pergi ke kantor PLN untuk bayar listrik gak di Juni 2020 Ini? Tergantung apakah Anda pengguna daya 450 VA atau 900 VA bersubsidi.

Sejak April 2020 lalu, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk memberikan listrik gratis atau diskon 50 persen kepada pelanggan yang memenuhi syarat.

Bantuan stimulus listrik ini diberikan sebagai akibat dari pendemic Covid-19 yang menyebabkan masyarakat terdampak kemampuan ekonominya melemah.

Oleh karena itu, masyarakat sangat senang dengan kebijakan kompensasi pemerintah yang sangat menopang mereka di saat krisis seperti saat ini.

Walaupun begitu, tak sedikit pelanggan PLN yang masih memerlukan penjelasan lebih detail mengenai bagaimana subsidi listrik ini.

Apakah masih harus pergi ke loket kantor PLN untuk membayar tagihan atau gak perlu lagi?

Jawabannya adalah tergantung apakah Anda termasuk rumah tangga pengguna daya listrik 450 VA atau 900 VA. Detailnya sebagai berikut:

Rumah Tangga Pelanggan Listrik PLN

Bayar Listrik atau Tidak di Kantor PLN? Ini Penjelasannya
- R1-450VA SUBSIDI: Keluarga pengguna listrik PLN dengan daya 450VA, semua merupakan kategori yang mendapat listrik subsidi oleh pemerintah.

- R1-900VA SUBSIDI: Keluarga pengguna listrik PLN dengan daya 900VA dan berkode R1 juga mendapat listrik subsidi dari pemerintah.

- R1M-900 VA NON SUBSIDI: Keluarga pengguna listrik 900VA dengan kode R1M, tidak mendapatkan listrik subsidi oleh pemerintah. Karena digolongkan keluarga mampu.

- R1-1300VA NON SUBSIDI: Keluarga pengguna listrik PLN dengan daya 1300VA kode R1, semuanya juga tidak mendapat listrik subsidi pemerintah.

Lantas bagaimana cara mengetahui kategori listrik rumah tangga Anda apakah pelanggan subsidi atau bukan?

Caranya mudah. Anda cukup mengecek struk pembayaran listrik sebelumnya. Silahkan perhatikan kolom tarif/daya, jika tertera R1, maka Anda berhak mendapat subsidi listrik pemerintah.

Kecuali jika kode R1 dengan daya 1300 VA, semuanya rumah tanggan tidak mendapatkan keringanan atau stimulus listrik.


Cara Pindah ke Listrik Bersubsidi

Penentuan apakah Anda layak masuk pengguna listrik subsidi atau bukan, tergantung pada data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos. Jika data Anda tidak masuk, maka Anda tidak akan mendapatkan subsidi.

Hanya saja, jika Anda ingin beralih menggunakan listrik subsidi, maka Anda harus melapor kepada pemerintah desa/kelurahan yang menerangkan bahwa Anda merupakan keluarga kurang mampu.

Silahkan bawa surat keterangan tersebut ke dinas sosial kabupaten kota setempat untuk Anda mendapatkan surat kelayakan listrik subsidi.

Selanjutnya silahkan melapor ke Kantor PLN terdekat bahwa Anda ingin pergantian daya menggunakan listrik subsidi 450 VA atau 900 VA subsidi.

Surat dari Dinas Sosial itu akan menjadi syarat yang akan diberikan kepada PLN untuk memasang listrik bersubsidi di rumah Anda.

Listrik Gratis & Diskon 50 Persen

Setelah Anda mengetahui jenis pelanggan subsidi dan bukan, maka selanjutnya Anda bisa membedakan mana saja rumah tangga yang mendapat listrik gratis dan diskon 50 persen dari pemerintah.

Diketahui kompensasi listrik gratis dan diskon diberikan pemerintah sejak April, Mei, dan Juni 2020. Belakangan sudah diperpanjang sampai Juli, Agustus, dan September tahun 2020.

Detail bantuannya bagi pelanggan PLN adalah sebagai berikut:

- R1-450VA SUBSIDI: Listrik gratis

- R1-900VA SUBSIDI: Diskon 50 persen

- R1M-900 VA NON SUBSIDI: Tidak dapat subsidi

- R1-1300VA NON SUBSIDI: Tidak dapat subsidi

Cara mengklaim listrik gratis bisa melalui website PLN portal.pln.co.id atau melalui nomor WA. Selengkapnya dapat Anda baca dalam artikel di bawah ini.


Bayar Listrik atau Tidak?

Nah seperti diketahui, jenis pelanggan listrik PLN terbagi dua. Yakni pascabayar dan prabayar. Seperti apakah pembayaran listrik untuk 4 kategori di atas?

Pelanggan Pascabayar R1-450VA SUBSIDI: Tidak perlu pergi membayar tagihan listrik di kantor PLN atau loket pembayaran lainnya. Sudah otomatis gratis dari April sampai September 2020.

Pelanggan Prabayar R1-450VA SUBSIDI: Ambil token listrik gratis melalui website www.pln.co.id atau layanan WhatsUp PLN. Besaran token yang didapat adalah angka tertinggi dari tiga bulan pemakaian terakhir.

Pelanggan Pascabayar R1-900VA SUBSIDI: Tetap membayar tagihan ke kantor PLN atau loket pembayaran lainnya. Namun tagihan sudah otomatis dikurangi 50 persen dari PLN.

(Jika PLN tidak sempat melakukan pencatatan tagihan listrik, maka total tagihan akan dihitung berdasarkan angka pemakaian rata-rata dalam tiga bulan terakhir. Angka itu kemudian dibagi 50 % kemudian didapat tagihan yang harus dibayarkan).

Pelanggan Prabayar R1-900VA SUBSIDI: Anda akan mendapatkan token listrik gratis dengan besaran 50 persen dari rata-rata pemakaian tertinggi tiga bulan pemakaian terakhir. 

Demikianlah penjelasan apakah Anda harus pergi ke Kantor PLN untuk bayar listrik atau gak yang tergantung apakah Anda pengguna daya 450 VA atau 900 VA bersubsidi. Semoga memberi manfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kantor PLN Bayar Listrik Gak Juni 2020 Ini? Berikut Penjelasannya "

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan, pendapat, atau pengalaman Anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel