Cara Pengajuan Subsidi Listrik 2020 via Aplikasi PEDULI

Anda merasa layak mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah? Berikut cara pengajuan subsidi listrik melalui aplikasi PEDULI tahun 2020.
Cara Pengajuan Subsidi Listrik

Untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19, pemerintah mengambil kebijakan memberikan kompensasi pembayaran listrik kepada masyarakat Indonesia.

Bantuan stimulus gratis atau diskon ini diperoleh khusus pelanggan listrik bersubsidi. Yaitu listrik gratis diberikan kepada pengguna daya 450 VA. Serta diskon 50 persen pengguna 900 VA.

Hanya saja, banyak yang merasa layak, tidak mendapatkan bantuan ini karena terlanjur menggunakan listrik nonsubsidi. Mereka tetap membayar tagihan listrik secara normal.

Penting diketahui, penduduk yang memenuhi syarat menggunakan listrik subsidi tapi tidak mendapatkannya, sebetulnya ada solusi. Pemerintah membuka kesempatan merubah listrik nonsubsidi menjadi subsidi.


Buat Pengaduan Subsidi Listrik di Desa/Kelurahan

Caranya yakni dengan menyampaikan pengaduan kepesertaan subsidi listrik ke pemerintah desa atau kelurahan. Masyarakat mengisi Formulir Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik untuk Rumah Tangga yang tersedia di desa/kelurahan setempat.

Selanjutnya, pengaduan akan diteruskan petugas melalui kecamatan setempat ke Tim Posko Penanganan Pengaduan Pusat lewat web subsidi.djk.esdm.go.id.

Nah, selain pengaduan langsung ke kelurahan atau desa, ada juga cara yang boleh dikatakan lebih mudah dan simpel. Yaitu melalui pengaduan aplikasi PEDULI.

Ganti Listrik Subsidi via Aplikasi PEDULI

Aplikasi PEDULI adalah Aplikasi Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik Untuk Rumah Tangga yang dikeluarkan oleh Kementrian ESDM. Aplikasi mobile PEDULI hadir untuk mempermudah pengaduan peserta listrik bersubsidi.


Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone berbasis android dan dapat diunduh melalui playstore. Berikut cara pengajuan listrik non subsidi ke subsidi terbaru 2020?

1. Siapkan smartphone android yang terkoneksi dengan internet.

2. Cari aplikasi PEDULI di playstore lalu instal.

3. Selanjutnya buka aplikasi lalu klik link registrasi di bagian bawah sesuai petunjuk anak panah.

4. Masukkan username (bisa diisi nama Anda), lalu nama lengkap, NIK sesuai KTP, dan nomor kartu keluarga.

5. Lalu klik simpan dan akun Anda berhasil dibuat di aplikasi PEDULI. Ada empat fitur yang terdapat dalam aplikasi PEDULI, yaitu:

Fitur Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) Basis Data Terpadu (BDT) Fitur ini untuk memudahkan masyarakat mengecek NIK apakah masuk daftar rumah tangga kurang mampu sesuai BDT atau tidak.

Fitur Cek Subsidi Listrik
Ini kegunaannya untuk pengecekan identitas pelanggan (IDPEL PLN) yang menerima subsidi listrik.

Fitur Pengaduan Subsidi
Ini adalah fitur untuk melakukan pengaduan listrik subsidi dan melihat riwayat pengaduan.

Fitur Informasi Pengaduan
Ini digunakan untuk mengecek hasil pengaduan kepesertaan subsidi listrik.

6. Untuk mengajukan subsidi listrik, silahkan Anda menekan fitur pengaduan listrik. Lalu isilah berbagai data kependudukan Anda dalam formulir di aplikasi tersebut.

Melingkupi identitas pelapor, kepemilikan listrik, pemanfaatan listrik, daftar anggota rumah tangga, dan kepemilikan kartu sosial.

7. Jika sudah selesai mengisi. Silahkan klik submit. Data Anda kemudian akan dicek oleh tim pusat apakah bisa menerima listrik bersubsidi.

Jika Anda ingin mengetahui hasil kepesertaan subsidi listrik, maka Anda bisa membuka aplikasi dan mengeceknya dalam fitur informasi pengaduan.

Anda bisa menyaksikan cara ganti listrik nonsubsidi ke subsidi via aplikasi PEDULI melalui video resmi dari PLN ini.
Nah cukup mudah bukan cara pengajuan subsidi listrik melalui aplikasi PEDULI terbaru tahun 2020. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengajuan Subsidi Listrik 2020 via Aplikasi PEDULI"

Posting Komentar

Tuliskan pertanyaan, pendapat, atau pengalaman Anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel