Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia 2020

Cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia cukup gampang. Kirim uang dari Amerika, Inggris, Australia, India, Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan atau negara lain tidak sulit. Berikut disajikan cara pengiriman uang internasional yang aman, murah, mudah, serta cepat.
Transfer uang dalam negeri mungkin sudah menjadi sesuatu yang biasa dan mudah bagi Anda. Namun bagaimana bila transaksi keuangan dilakukan dari luar negeri yang notabene memiliki perbedaan mata uang dengan Indonesia?

Layanan pengiriman seperti apa yang sebaiknya Anda pilih supaya uang tiba di Indonesia dengan aman? Selain aman, apakah juga tersedia layanan pengiriman internasional yang murah serta bisa dengan cepat sampai ke Indonesia?

Nah, untuk itulah Anda perlu menjadikan artikel ini sebagai referensi Anda melakukan transfer. Di sini dituliskan beberapa metode transferan internasional. Anda bisa menyimak dan membandingkan layanan penyedia yang terbaik bagi Anda.

Sehingga keluarga atau kerabat Anda di Amerika, Malaysia, Australia, Inggris, atau dari negara lain bisa dengan mudah dan aman mengirimkan uangnya masuk ke Indonesia. Selamat membaca, memilah dan memilih.

Western Union

Western Union adalah layanan pengiriman uang dalam negeri maupun luar negeri yang paling banyak dipakai di dunia saat ini. Di manapun Anda berada, di Amerika, Malaysia, Inggris, Singapura, India atau negara lain, dapat dengan mudah menemukan kantor dan agen Western Union.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia melalui Western Union
Kemudahan ini karena Western Union sudah mengakar hampir di seluruh penjuru dunia. Western Union hadir di 200 negara dan menjadi pilihan nomor satu warga dunia. Western Union sangat dipercaya karena terbukti aman, mudah, cepat, dan murah.

Untuk mengirim uang dari luar negeri dengan metode ini, pertama Anda perlu mencari dan mendatangi kantor Western Union terdekat. Kalau tidak ada kantor, Anda bisa ke agen Western Union yang dekat dengan posisi Anda. Anda bisa mengecek keberadaan kantor dan agen di luar negeri melalui pencarian di website Western Union.

Dalam laman pencarian Western Union, Anda cukup mengganti postal negara sesuai dengan negara di mana Anda berada lalu tekan GO. Lokasi kantor atau Western Union yang dekat dengan tempat Anda akan muncul di peta.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia melalui Western Union

  • Setelah Anda mencari dan menemukan agen Western Union terdekat, siapkanlah semua persyaratan seperti kartu tanda penduduk (KTP), visa, dan uang yang hendak Anda kirimkan.
  • Setibanya di tempat, silahkan Anda menuju ke petugas Western Union dan bilang bahwa Anda hendak mengirim uang ke Indonesia.
  • Petugas Western Union akan menyerahkan formulir pengiriman kepada Anda. Lengkapi isi formulir tersebut dengan teliti.
  • Anda bisa melakukan transfer uang dari luar negeri langsung ke bank di Indonesia yang bekerja sama dengan Western Union. Anda bisa menanyakan ini ke petugas Western Union apakah bank di Indonesia yang menjadi tujuan transfer Anda bisa menerima kiriman uang dari Western Union.
  • Nah selain bank di Indonesia, Anda juga bisa melakukan transfer langsung ke kantor pos atau agen Western Union di Indonesia.
  • Setelah lengkap, serahkanlah formulir kepada petugas beserta dengan KTP Anda. Mereka lalu menginput data di komputer sesuai formulir yang Anda.
  • Jika sudah valid, maka petugas akan meminta uang yang hendak Anda kirim. Mereka juga akan meminta biaya administrasi pengiriman.
  • Sebelum transaksi dilakukan, petugas akan menyampaikan berapa uang yang akan sampai ke pihak penerima setelah mata uang dikonversi ke rupiah. Misalnya dari dollar amerika ke rupiah.
  • Nah biaya pengiriman ke Indonesia dari luar negeri memiliki perbedaan masing-masing negara. Jika pengiriman dari Indonesia ke luar negeri dengan nominal 750.000 dikenakan biaya sekitar Rp. 112.500. Untuk 750.001 sampai 1.500.000 biaya sekitar Rp. 165.000. Nah, hal ini Anda tanyakan langsung ke pihak Western Union di negara Anda berada.
  • Setelah transaksi selesai, petugas akan memberikan Anda cetakan transaksi yang terdapat kode MTCN. Sampaikanlah itu kepada pihak penerima. Jika tujuan pengiriman Anda di bank, maka minta dia untuk mengecek apakah uang sudah masuk atau belum.
  • Apabila transfer dilakukan di agen Western Union atau kantor pos, maka berikanlah kode MTCN kepada pihak tujuan pengiriman uang yang nantinya dia akan gunakan saat pengambilan uang. Pastikan sebelum mengambil uang, pihak penerima membawa KTP.
  • Uang yang Anda transfer ke luar negeri, bisa diantar langsung oleh petugas Western Union di Indonesia apabila Anda memakai layanan antar jemput uang. Layanan ini ada biaya carsnya.


Nah, waktu yang dibutuhkan sampai uang masuk pe penerima di Indonesia yaitu sekitar dua sampai tiga hari kerja. Bisa juga makan waktu sampai satu minggu. Anda sebaiknya memastikan ini ke petugas Western Union dan mengecek secara update status pengiriman melalui layanan checking online Western Union.


Money Gram

Selain Western Union, penyedia layanan transfer dari luar negeri yang direkomendasikan yaitu Money Gram. Biaya pengiriman Money Gram apabila dilakukan dari Indonesia ke luar negeri, lebih murah dibanding Western Union. Apabila dilakukan sebaliknya, maka Anda perlu mengonfirmasikan kepada petugas.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia lewat Money Gram
Money Gram sendiri tidak banyak digunakan orang Indonesia. Ini karena banyak orang Indonesia di luar negeri yang belum mengetahui dan mengenali Money Gram. Biaya kirim Money Gram untuk skala sampai 900.000 dikenakan biaya Rp. 90.000. Sementara 900.000 sampai 1.800.000 makan biaya 130.000.

Walaupun tak sebanyak cabang seperti Western Union, tapi jangkauan Money Gram sudah sampai di 170 negara dan 104.000 agen di seluruh dunia. Di Indonesia, Money Gram sudah tersebar hingga ke daerah-daerah. Selain unggul dengan biaya kirim yang murah, pengiriman Money Gram juga dianggap cepat.

Anda dapat transfer uang dari luar negeri ke bank-bank di Indonesia yang bekerja sama dengan Money Gram. Anda bisa transfer langsung ke agen Money Gram yang sudah tersebar di banyak tempat termasuk Indonesia.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia lewat Money Gram

  • Pertama, carilah kantor atau agen Money Gram yang terdekat dengan tempat tinggal Anda di luar negeri. Anda bisa melakukan pencarian lokasi melalui website Money Gram.
  • Sebelum Anda jalan, siapkan KTP dan uang yang akan Anda transfer. Jangan lupa siapkan juga biaya administrasi.
  • Setelah tiba di lokasi Money Gram, bilang kepada petugas bahwa Anda hendak melakukan transaksi internasional ke Indonesia.
  • Petugas kemudian akan memberikan Anda formulir pengiriman. Isilah dan serahkan kepada petugas.
  • Petugas Money Gram akan menginput data sesuai formulir Anda. Setelah valid, petugas Money Gram akan meminta KTP Anda beserta uang transferan dan biaya administrasi.
  • Transaksi kemudian akan dituntaskan petugas Money Gram. Anda akan mendapat cetakan transaksi yang di dalamnya terdapat nomor referensi 8 digit.
  • Sampaikan kode itu kepada pihak penerima di Indonesia, untuk mengambil uang transferan Anda apabila dilakukan melalui agen Money Gram atau Kantor Pos di Indonesia. Pastikan juga pihak penerima membawa tanda pengenal saat akan mengambil uang.
  • Apabila kiriman masuk ke rekening bank, pihak penerima tinggal mengecek di bank, mesin ATM, atau mobile banking.
  • Uang masuk bisa dalam hitungan menit atau dua sampai tiga hari. Tanyakan hal ini kepada petugas Money Gram.


Wire Transfer

Apabila Anda punya nomor rekening bank di luar negeri, Anda bisa melakukan pengiriman langsung ke Indonesia melalui layanan Wire Transfer. Datanglah ke bank di luar negeri dan bilang kepada petugas Anda hendak melakukan transfer dari luar negeri ke bank lokal di Indonesia.

Petugas bank akan memberikan Anda slip pengiriman. Anda tinggal mengisi sesuai petunjuk. Jangan lupa masukkan kode SWIFT bank di Indonesia. Kode SWIFT tiap bank di Indonesia tergantung bank apa yang digunakan.

Berikut kode SWIFT bank di Indonesia:
Kode SWIFT bank di Indonesia

Jumlah biaya yang dikenai dengan Wire Transfer adalah berbeda. Tergantung masing-masing bank. Misalnya, kalau Anda menggunakan BCA, biaya transfer informasinya bisa mencapai 20 dollar. Biasa pengiriman bank lainnya bisa lebih di bawah atau bahkan lebih di atas.

Transferwise

Belakangan ini, makin banyak orang yang melakukan pengiriman dari luar negeri ke Indonesia dengan Transferwise. Sudah banyak orang Indonesia yang memilih layanan jasa transfer internasional ini.
Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia lewat Transferwise
Berdasarkan penuturan sejumlah pengguna, transfer melalui Transferwise lebih mudah dan murah dibanding jasa lainnya. Soal biaya pengiriman, Transferwise dianggap lebih untung. Anda bisa mengecek dan mencoba langsung melalui website TransferWise.

  • Untuk menggunakan Transferwise, pertama Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda hanya perlu mengunjungi website Transferwise dan daftarkan diri Anda.
  • Pertama, pilihlah Sign Up. Setelah itu input data diri Anda sesuai KTP.
  • Kedua, Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP Anda. Ini untuk memastikan bahwa yang ditulis sudah sesuai nama Anda. Anda juga bisa memakai SIM. Selesai di-upload, Anda akan diminta menunggu. Tim Transferwise masih akan mengecek dan verifikasi data Anda.
  • Biasanya tidah butuh lama verifikasi dilakukan tim Transferwise. Hanya memakan waktu beberapa jam saja. Nah setelah selesai dicek, maka Anda akan diminta lagi untuk melengkapi identitas Anda secara detail.
  • Anda lalu diminta mengisi data bank dan nomor bank di Indonesia. Setelah KTP cocok dengan rekening, Anda akan diminta melampirkan rekening koran atau bukti alamat tinggal kita.
  • Setelah semua valid, Anda akan mendapat pemberitahun dari Transferwise melalui email. Konfirmasikan untuk akun borderless Transferwise.
  • Sampai di tahap ini, berarti Anda sudah siap untuk buat akun borderless. Di Transferwise, bisa diaktifkan 4 mata uang. Yaitu US Dollar, Europe EURO, Australian Dollar, British Pounds. Mana yang akan Anda aktifkan, tergantung dari mata uang yang ingin digunakan.
  • Rekening borderless Anda sudah siap digunakan.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia via Transferwise

Setelah Anda selesai mendaftar, selain melalui website, Anda bisa menggunakan aplikasi Transferwise dengan men-download di Playstore atau Appstore. Untuk mulai melakukan pengiriman ke Indonesia dari luar negeri, berikut petunjuk pengirimannya:
  • Tambahkan rekening bank lokal sebagai tujuan transfer. Masuk ke menu recipients dan klik add your bank account.
  • Selanjutnya isi rekening bank di Indonesia. Account number isi dengan nomor rekening.
  • Selanjutnya klik konfirmasi dan suskes.
  • Untuk melakukan transfer, silahkan masuk ke menu transfer. Klik tombol send money.
  • Masukkan nominal uang yang hendak dikirim. Yaitu mata uang pengirim dan mata uang penerima. Misalkan €2000 lalu dikirim ke rupiah. Akan muncul biaya transfer dan rupiah yang akan diterima.
  • Selanjutnya pilih continue. Input informasi pengirim lalu pilih tujuan transferan. Kalau dikirim ke orang lain di Indonesia misalnya, pilih someone else. Masukkan data penerima seperti nama, email, dan nomor rekening bank penerima.
  • Kemudian Anda akan masuk ke review transfer. Silahkan Anda isi dengan tujuan transfer. Ini juga bisa dikosongkan. Setelah itu pilih konfirmasi.
  • Anda akan dihadapkan lagi dengan beberapa pilihan. Apakah mau ditransfer melalui Debit Card, Credit Card, atau Bank Transfer. Jika menggunakan bank transfer, piham pengirik melakukan transferan uang ke rekening Transferwise.
  • Apabila pengiriman dilakukan di atas €1.000, pihak pengirim harus melakukan verifikasi akun. Anda akan diminta mengunggah KTP, paspor atau SIM. Apabila kiriman lebih dari €15.000, harus diverifikasi dengan dokumen rekening listrik atau rekening koran.
  • Biasanya uang akan sampai dalam waktu antara satu sampai lima hari. Kebanyakan menurut pengguna Transferwise, tidak sampai 24 jam uang sudah masuk.
  • Untuk transfer pertama kali, menurut informasi, pengguna tidak dikenakan biaya transfer atau gratis. Biaya selanjutnya Anda bisa cek langsung saat pengiriman kedua dan seterusnya.


Itulah artikel tentang cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Kirim uang dari Amerika, Malaysia, India, Inggris, Australia, Eropa, atau negara Asian Tenggara lainnya ke Indonesia, bisa dilakukan dengan mudah.

Anda bisa timbang-timbang dan memilih cara transaksi internasional yang terbaik bagi Anda. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi berguna bagi Anda yang berada di luar negeri untuk transfer uang ke tanah air. Terima kasih.(*)

Belum ada Komentar untuk "Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia 2020"

Posting Komentar

Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel