Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Empat Cara Pengiriman Uang dari Australia ke Indonesia 2024

Bagaimana cara dan berapa biaya transfer uang dari luar negeri ke Indonesia? Berikut empat cara pengiriman uang dari Australia ke Indonesia 2024.
Cara Pengiriman Uang dari Australia ke Indonesia

Warga negara Indonesia di Australia, boleh dikata cukup banyak jumlahnya. Hal ini tidak lepas karena faktor geografis, letak Negeri Kanguru berdekatan dengan Indonesia. Tidak jarang, banyak WNI baik mereka yang sedang kerja atau belajar di Australia, butuh kirim uang ke Indonesia dari Australia.

Cara transfer uang dari bank yang sama atau bank lain di Indonesia, mungkin sudah menjadi sesuatu yang lumrah dan mudah bagi Anda. Namun berbeda bila transaksi dilakukan antar negara.

Oleh karena itu, dalam artikel ini disajikan sejumlah metode pengiriman uang dari Australia ke Indonesia. Berapa biaya transfer ataupun bagaimana konversi mata uang asing ke rupiah dalam hal ini dollar Australia? Bagaimana cara transfer uang dari Australia namun murah, aman, dan cepat sampai ke Indonesia? Berikut cara-caranya.

Kirim Uang dari Australia dengan Paypal

Paypal adalah alat pembayaran online nomor satu di dunia saat ini.
Transfer uang dari Australia ke Indonesia dengan menggunakan Paypal masih sangat jarang digunakan. Padahal metode ini aman serta terpercaya. Karena Paypal adalah alat pembayaran online nomor satu di dunia saat ini. Tapi, sebelum bisa transfer, baik pengirim dan penerima harus memiliki akun Paypal terlebih dahulu.

- Pertama, pengirim dan penerima uang harus membuka rekening Paypal. Bisa di Indonesia dan luar negeri. Lalu buka laman Paypal dan klik daftar. Pandaftaran gratis.

- Ketika Anda ingin membuat rekening Paypal, Anda harus memilih apakah akun ini akan digunakan untuk membeli atau menerima transferan.

- Isi data pribadi Anda dengan lengkap. Siapkan KTP atau tanda pengenal lainnya. Email juga nomor telepon.

- Setelah mendaftar, masukkan nomor kartu kredit Anda.

- Jika Anda tidak memiliki nomor kartu kredit, Anda bisa mencari jasa penyedia kartu kredit virtual (VCC) yang banyak tersebar di internet. Harganya juga sangat murah.

- Setelah rekening siap, maka isilah saldo Paypal Anda. Banyak layanan online yang menjual beli saldo Paypal secara online.

- Setelah saldo terisi, Anda sudah bisa transfer ke akun Paypall keluarga atau rekan di Indonesia.

- Sesudah saldo masuk di akun Paypal di Indonesia, maka untuk dirupiahkan tinggal diklaim saja dan ditaru ke rekening yang Anda daftarkan.

- Transfer metode ini tidak memakan biaya besar. Anda gratis mendaftar. Harga VCC juga banyak yang murah. Untuk membeli saldo Paypal juga cukup murah. Sehingga metode ini layak Anda direkomendasikan.

Transfer Uang dari Australia dengan Western Union
Western Union, metode yang sederhana dan cepat.

Cara transfer dengan Western Union boleh dikata simple. Anda hanya perlu ke agen Western Union terdekat dan transfer. Uang akan tiba di Indonesia dalam waktu cepat bahkan hanya hitungan detik.

Hanya saja biaya transfernya lumayan menguras kantong. Untuk Rp.750.000 dikenai biaya Rp.112.000. Namun apabila Anda ingin metode yang sederhana dan cepat, maka metode ini jadi pilihan yang tepat.

Kirim Uang dari Australia dengan Wire Transfer
Anda bisa mencoba pengiriman dengan Wire Transfer.

Ini adalah metode transfer dana ke rekening bank langsung. Nah jumlah potongan biaya hingga uang sampai di Indonesia masing-masing bank ada perbedaannya. Dengan memakai BCA, maka Anda harus memilih kode SWIFT (BIC) BCA, yakni CENAIDJA.

Sedangkan untuk Bank Mandiri, kode SWIFT BEIIIDJ. Bank Indonesia INDOIDJA. Danamon BDINIDJA. Bank International Indonesia IBBKIDJA. BNI BNINIDJA. BRI BRINIDJA. BTN BTANIDJA.

Tapi kalau Anda menggunakan BCA misalnya, biaya transfer informasinya bisa kena fee mencapai 20 dollar. Kabarnya, bank lainnya biayanya bisa lebih rendah. Anda bisa mencoba BNI, Mandiri, Danamon, BRI, dan bank lainnya.

Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke BRI Terbaru

Transfer Uang dengan Transferwise dari Australia
Banyak WNI menggunakan Transferwise.

Transferwise adalah salah satu layanan jasa transfer yang banyak dipilih orang Indonesia. Dari pengakuan sejumlah pengguna, jika dihitung dari total dana diterima setelah dipotong fee, TransferWise lebih baik dibanding jasa lainnya. Selengkapnya Anda bisa langsung ke TransferWise.

Demikianlah artikel tentang cara pengiriman uang dari Australia ke Indonesia tahun 2024. Selain empat cara pengiriman di atas, Anda juga bisa mencari cara lainnya di internet. Mudah-mudahan jadi referensi bermanfaat untuk Anda.(*)

2 comments for "Empat Cara Pengiriman Uang dari Australia ke Indonesia 2024"

  1. Saya di transfer dr hari Kamis yg lalu tgl 14 Agustus 2020 dr Australia..nama di no rekening saya nama suami saya..tp tulisan di bukti transfer nama saya..bisa terkirim atau tidak transferannya .karena sampai sekarang tgl 19 Agustus 2020 saya belum menerima nya

    ReplyDelete
  2. Bisa kah mengirim uang dari ostralia ke indonesia mengunakan rekening bank BRI

    ReplyDelete

Thank you for reading our article!

Feel free to share your opinions, experiences, or suggestions in the comment section below.