Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kirim Uang Lewat Pos Indonesia

Cara kirim uang lewat pos Indonesia dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut panduan dan langkah-langkah transfer uang melalui Pos Indonesia.
Cara Kirim Uang Lewat Pos Indonesia
Cara transfer uang lewat kantor pos bisa menjadi pilihan Anda.
Untuk Anda yang butuh segera melakukan transfer uang tapi tak memiliki buku rekening jangan khawatir. Ternyata ada solusi untuk melakukan pengiriman walaupun Anda tidak memiliki rekening. Ya Anda bisa mengirim uang lewat Pos Indonesia.

Layanan pengiriman uang melalui Kantor Pos ini disebut Weselpos. Jangkauan layanan ini sangat luas. Mencakup ke luar negeri dan tersebar di seluruh Indonesia. Selain prosesnya cepat, layanan Weselpol juga aman. Anda bisa mengecek status pengiriman Anda setiap saat secara online.

Lantas bagaimana caranya? Sangat mudah.

Panduan Kirim Uang via Pos Indonesia

1. Carilah kantor pos terdekat dengan tempat tinggal atau posisi Anda. Anda bisa mencarinya melalui google maps dan search.

2. Pastikan sebelum Anda mulai jalan ke kantor pos, untuk menyiapkan kartu identitas Anda. Bisa berupa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM). Tentu jangan lupa juga untuk menyiapkan uang yang akan Anda setor beserta biaya administrasinya.

3. Setelah Anda tiba di Kantor Pos, jumpailah petugas yang sedang melayani. Katakanlah Anda akan melakukan pengiriman uang.

4. Apabila Anda ditanyakan petugas mau melakukan pengiriman melalui layanan apa, pilih saja Waselpost Instan.

5. Anda akan diberikan formulir pengiriman uang oleh petugas. Isilah dengan benar sesuai dengan apa yang diminta. Pastikan semua sudah diisi dengan benar mulai nama pengirim, nama penerima, alamat, serta jumlah uang yang akan ditransfer.

6. Sebelum Anda memberikan formulir ke petugas, periksa lagi sekali lagi apakah semua yang dicatat sudah benar. Jika sudah benar, silahkan serahkan kepada petugas. Anda sekalian juga menyetor kepada petugas uang yang akan dikirim. Sekalian sudah dengan biaya administrasi.


7. Petugas kemudian akan membuka layar komputernya lalu melakukan penginputan data sesuai dengan formulir dan identitas Anda. Tunggulah sejenak hingga prosesnya selesai.

8. Setelah proses selesai, Anda akan diberikan slip bukti transaksi lengkap dengan PIN dan Nomor Transaksi Pusat (NTP). PIN dan NTP itu akan diperlukan penerima untuk mengambil uang.

9. Nah, Anda kemudian memberitahu kepada penerima uang berapa PIN dan kode NTP. Bisa Anda beritahu lewat telepon atau SMS.

10. Penerima kemudian pergi mengambil uang di kantor pos. Beritahu petugas PIN dan kode NTPnya. Jangan lupa penerima juga harus membawa fotocopy KTP sebanyak dua lembar yang akan diminta petugas nantinya. Ambil uangnya dan selesai.

11. Anda juga sebagai pengirim dapat mengecek apakah kiriman uang Anda sudah diambil oleh penerima atau belum melalui layanan pengecekan pengiriman.

Anda juga bisa melihat panduan video kirim uang melalui Weselpos dari Pos Indonesia berikut ini:

Demikianlah panduan cara kirim uang lewat pos Indonesia terbaru. Kiranya bisa membantu Anda. Terimakasih sudah berkunjung ke website ini.(*) 

2 comments for "Cara Kirim Uang Lewat Pos Indonesia"

  1. jika batas 90 hari blm diambil uangnya,trus kadaluarsa.gmana cara ambil kembali uangnya?

    ReplyDelete
  2. Gw kirim uang lwt post 300 rb
    Dikenakan biaya kirim 20rb
    Mahal banget

    ReplyDelete

Thank you for reading our article!

Feel free to share your opinions, experiences, or suggestions in the comment section below.