Cara, Kode, dan Biaya Transfer BCA ke BRI 2020

PT Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) adalah bank milik pemerintah yang juga terbesar di tanah air. Lantas bagaimana cara, kode, dan biaya transfer BCA ke BRI tahun 2020?

Di era yang maju saat ini, transaksi keuangan yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri kian pesat. Aktivitas pengiriman uang di dua bank terbesar di Indonesia, yaitu BCA dan BRI juga terus pula meningkat. Baik transaksi sesama bank atau ke bank lain.
Cara, Kode, dan Biaya Transfer BCA ke BRI 2020
Nah, untuk melakukan transferan uang dari bank yang satu ke bank lain adalah hal yang mudah. Termasuk cara transfer BCA ke BRI tidaklah sulit. Anda bisa memilih lima (5) cara untuk melakukan pengiriman uang dari BCA ke bank BRI.

Jika Anda merupakan nasabah bank BCA, untuk melakukan transfer ke bank BRI Anda bisa langsung melalui teller bank, mesin ATM, SMS banking, internet banking, atau juga mobile banking:

Teller Bank

  • Carilah kantor BCA terdekat. Siapkanlah KTP dan buku rekening Anda. Pastikan rekening Anda ada saldo uangnya. Jika tidak cukup saldonya, Anda harus membawa uang tunai yang akan dikirimkan.
  • Setibanya di bank, Anda akan disapa oleh security. “Ada yang bisa dibantu?” Nah jawablah Anda akan melakukan transfer uang ke bank BRI.
  • Anda kemudian akan diarahkan oleh security untuk mengambil nomor antrian (teller bank) di dekat pintu masuk. Setelah Anda mendapatkan nomor antrian, security lalu akan menunjukkan di mana Anda bisa mengambil slip pengiriman uang.
  • Setelah Anda memperoleh slip pengiriman, isilah slip itu dengan nama Anda, nomor rekening, bank dan nomor rekening tujuan, nama penerima, serta jumlah nominal uangg yang hendak ditransfer. Anda juga diminta menulis angka nominal transferan ke huruf.
  • Usai semua selesai diisi, periksalah lagi dari awal. Apa semua yang Anda tulis sudah betul. Jangan sampai ada satu angka ketinggalan.
  • Jika ternyata semua sudah benar, maka tandatanganlah slip tersebut di bagian bawah. Anda juga bisa langsung tanda tangan sebanyak dua kali di bagian belakang slip (biasanya diminta oleh teller bank).
  • Setelah nomor antrian Anda dipanggil, bawalah slip tersebut. Keluarkan juga buku rekening dan KTP Anda. Katakan kepada teller bank, Anda akan melakukan transfer. Serahkan slip, buku rekening, serta KTP Anda ke teller. Jika Anda membawa uang, serahkanlah juga kepada teller.
  • Pihak teller bank kemudian akan mengonfirmasi semua data yang Anda isi dalam slip atau formulir pengiriman. Bila benar, Anda tinggal menjawab ya benar. Teller kemudian akan melakukan transferan sesuai yang Anda minta.
  • Transfer ke BRI berhasil dilakukan. Ambillah bukti slip pengiriman yang sudah ditanda tangan dan dicap oleh teller. Jangan sampai buku rekening dan KTP Anda ketinggalan. Katakan terima kasih kepada teller bank dan satpamnya ya.


Mesin ATM

  • Selain melalui teller bank, Anda bisa melakukan transfer BCA ke BRI dengan mesin ATM. Tapi tentu saja syaratnya Anda harus memiliki kartu ATM terlebih dahulu. Biasanya saat membuka buku rekening baru BCA, custumer service akan menawarkan Anda untuk mencetak kartu ATM BCA. Tapi kalau Anda belum membuat kartu ATM saat membuka buku rekening, silahkan pergi ke bank dan katakan ingin membuat kartu ATM.
  • Carilah mesin ATM BCA terdekat. Apabila mesin ATM BCA tidak ada atau terlalu jauh, Anda juga bisa memilih ATM Bersama. Seperti mesin ATM BRI, BCA, BNI, BTN, dan bank lokal lainnya bisa Anda gunakan untuk transfer.
  • Setelah Anda menemukan mesin ATM, masukkan kartu ATM Anda. Kemudian pilihlah Bahasa Indonesia. Lalu klik lanjutkan.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan pin enam angka. PIN sudah Anda dapatkan ketika kartu Anda dibuat. Jangan lupa PIN-nya.
  • Nah, layar akan menunjukkan jumlah paket uang tunai yang hendak ditarik. Tapi karena Anda hanya akan melakukan transfer uang, maka pilih transaksi lain.
  • Akan muncul beberapa menu pilihan. Pilihlah transfer dan pilih lagi tujuan transfer ke bank lain.
  • Masukkan nomor rekening yang hendak Anda transfer. Tapi sebelum itu, masukkan kode bank lain tujuan transfer Anda. Dalam hal ini kode bank BRI yakni:
  • Kode Transfer BCA ke BRI: Kode BRI: 002, Kode BRI Agroniaga: 494, Kode BRI Syariah: 422
  • Setelah Anda selesai memasukkan kode bank beserta nomor rekening, Anda lalu memasukkan nominal uang yang hendak Anda transfer. Pastikan jangan sampai kurang atau lebih satu angka nol ya.
  • Minimal transfer BCA ke BRI yaitu Rp 10.000 dan maksimal transfer BCA ke BRI yakni Rp 10 juta untuk BCA Blue. Sementara untuk BCA Gold 15 juta dan BCA Platinum 25 juta.
  • Mesin ATM kemudian akan memproses transaksi. Akan ditampilkan di layar nomor rekening, nama penerima, serta nominal uang yang hendak Anda transfer. Apabila tujuan pengiriman sudah benar, maka tekan ya.
  • Transaksi lalu diproses dan berhasil. Jangan lupa ambil struk pengiriman, uang, serta kartu ATM. Anda ambil uang setelah itu kartu ATM. Jangan sampai tertelan mesin ATM ya.
  • Selamat Anda sudah berhasil melakukan transaksi ke bank lain. Perlu diketahui bahwa biaya Transfer BCA ke BRI sebesar Rp6.500.

Internet & Mobile Banking

Untuk fitur SMS banking, BCA tidak dapat melakukan transfer ke BRI. Antar sesama BCA juga, memang SMS banking belum tersedia. Tapi Anda tetap masih bisa melakukan transfer ke BRI dengan cara cepat dan instan. Tidak perlu repot-repot pergi dan antri lagi di bank atau ATM.

Nah, fitur yang harus Anda aktifkan yakni internet banking atau mobile banking (M BCA). Anda bisa mengaktifkan M BCA di kantor bank BCA. Berikut langkah-langkahnya.

  • Setelah M BCA Anda aktif, siapkan smartphone android Anda dan download aplikasi BCA mobile banking di Playstrore.
  • Buka aplikasi dan klik M BCA. Masukkan kode akses lalu login.
  • Kemudian pilih m-Transfer. Terlebih dahulu daftarkan nomor rekening BRI yang menjadi tujuan transfer Anda. Dalam kolom Daftar Transfer pilihlah Antar Bank. Masukkan nomor rekening dan pilih bank tujuan Anda. Lalu klik OK.
  • Jika pendaftaran sudah benar, maka akan muncul bank dan nama yang Anda daftarkan. Setelah itu klik lagi OK. Akan tertulis nomor rekening tujuan bank lain berhasil didaftarkan. Rekening BRI tujuan akan tampil di daftar transfer pada menu transfer antar bank. Tekan OK. Pendaftaran selesai.
  • Saatnya melakukan transfer. Pilih transfer transfer antar bank. Lalu pilih BRI. Akan muncul nama pemilik rekening dalam daftar yang muncul dalam no rekening tujuan. Klik nama tersebut.
  • Masukkan nominal uang yang hendak Anda transfer. Tekan send dan akan muncul notifikasi nama pemilik BRI yang menjadi tujuan transfer Anda. Konfirmasikan ya.
  • Transfer berhasil dilakukan. Selamat. Transfer BCA ke BRI berapa lama? Tidak makan waktu lama. Hanya menghitung waktu detik, uang langsung akan masuk ke rekening penerima.


Nah, dalam mobile banking BCA ini, Anda tidak perlu memasukkan kode transfer ke BRI karena nama sudah terdaftar otomatis. Biaya transfer BCA ke BRI via mobile banking sama yakni Rp 6.500.

Demikianlah cara, kode, dan biaya transfer BCA ke BRI 2020. Kiranya bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda yang hendak melakukan transaksi keuangan. Salam.(*)

Belum ada Komentar untuk "Cara, Kode, dan Biaya Transfer BCA ke BRI 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel