Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Transfer Uang dari India ke Indonesia 2024

Cara transfer uang dari India ke Indonesia ada beberapa pilihan. Berikut pengiriman uang ke Indonesia dari India aman, mudah, dan cepat.
Cara Transfer Uang dari India ke Indonesia
Bagaimana cara terbaik untuk mengirim uang ke Indonesia dari India?

India merupakan salah satu negara tujuan tenaga kerja asal Indonesia. Jumlah warga negara Indonesia yang sementara bekerja dan menetap di India lumayan banyak. Ada yang tinggal belum lama tetapi juga ada TKI yang sudah bertahun-tahun di India.

Mereka yang sudah kerasan dan lama di India tentu saja telah banyak menabung uang hasil jerih payah mereka bekerja. Mungkin sudah ada tabungan puluhan atau ratusan juta. Hehe. Dari tabungan itu, barangkali ada yang ingin menjadikannya modal usaha di Indonesia atau sekadar ingin berbagi dengan keluarga atau kerabat di tanah air.

Nah, lantas bagaimana cara transfer uang dari India ke Indonesia? Ada banyak alternatif yang bisa Anda pilih. Artikel ini akan menyajikan beberapa penyedia layanan pengiriman uang internasional. Silahkan bandingkan dan pilihlah cara pengiriman yang murah, aman, dan cepat.


Western Union

Kirim uang dari India ke Indonesia melalui Western Union adalah cara yang banyak dipilih TKI asal Indonesia. Hal ini tidaklah mengherankan sebab Western Union merupakan jasa kiriman uang internasional yang sudah lama dipercayai banyak orang.

Western Union bisa menjadi pilihan transaksi internasional dari India ke Indonesia
Western Union tersebar di 200 negara dengan ratusan ribu agen di seluruh dunia. Di manapun Anda berada, tidak akan sulit untuk menemukan agen Western Union. Apalagi untuk mengirim dengan Western Union Anda tidak memerlukan nomor rekening bank.

Cara Kirim Uang via Western Union

- Carilah lokasi agen Western Union yang paling dekat dengan posisi Anda di India. Untuk mengecek di mana saja lokasinya, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian di website peta Western Union.

- Setelah Anda mendapatkan lokasi agen terdekat, siapkanlah seluruh persyaratan sebelum Anda berangkat. Seperti kartu tanda penduduk (KTP) atau visa Anda. Jangan juga lupa siapkan uang yang hendak Anda transfer ke Indonesia beserta dengan biaya administrasinya.

- Sesampainya di kantor atau agen Westernn Union, temuilah petugas. Katakan Anda ingin melakukan transfer internasional ke Indonesia.

- Anda kemudian akan diserahkan formulir aplikasi pengiriman uang oleh petugas. Isilah formulir tersebut. Selain data Anda sebagai pengirim, Anda juga diharuskan mengisi informasi penerima. Seperti nama penerima, nama bank, dan nomor rekening bank. Formulir aplikasi pengiriman uang dapat Anda juga download dari website Western Union.

- Setelah selesai mengisi, serahkanlah formulir tersebut kepada petugas. Mereka akan meminta Anda untuk menunjukkan bukti identitas diri Anda beserta nomor telepon Anda.

- Setelah formulir divalidasi oleh petugas Western Union India, Anda akan diminta memberi uang yang hendak ditransfer beserta biaya administrasi pengiriman. Perlu diketahui bahwa Anda hanya dapat memberi mata uang India ke agen. Jangan kasih rupiah ya. Hehe

- Setelah selesai diproses petugas, Anda kemudian akan mendapat nota cetakan rincian transaski Western Union. Di dalam nota itu, terdapat Nomor Kontrol Pengiriman Uang (MTCN).

- Anda selanjutnya menghubungi penerima uang. Berikan rincian transaksi, nama pengirim lengkap, jumlah uang yang dikirim, dan nomor MTCN. Minta penerima untuk mengecek ke bank apakah uang sudah masuk atau belum. Anda juga bisa melacak status pengiriman di website Western Union.


- Berapa lama transfer uang dari India ke Indonesia? Nah berpatok pada Western Union Japan, uang di bawah 10 juta rupiah biasanya dibayarkan langsung ke rekening penerima hanya dalam beberapa menit. Sementara uang di atas 10 juta rupiah makan waktu satu hari kerja perbankan.

Money Gram

Untuk melakukan pengiriman uang ke Indonesia dari India, Anda bisa memilih Money Gram. Penyedia layanan transfer luar negeri dinilai banyak orang lebih murah dibanding Western Union. Di India, Anda tidak akan sulit untuk menemukan agen Money Gram. Jangkauan Money Gram sangat luas. Money Gram telah tersebar di banyak wilayah di India.

Money Gram menawarkan jasa pengiriman uang dari India ke Indonesia dengan harga murah
Selain biaya kirim yang murah, Money Gram juga bisa digaransi aman dan hanya menunggu hitungan menit uang sudah sampai ke penerima. Anda dapat mengirim uang ke bank yang bekerja sama dengan Money Gram di Indonesia. Atau Anda juga bisa mengirim uang ke agen Money Gram di Indonesia yang nanti tinggal dijemput penerima.

Cara Kirim Uang Lewat Money Gram

- Yang pertama, Anda perlu mencari agen Money Gram di India yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Anda bisa mencari lokasi agen lewat peta website Money Gram.

- Sebelum Anda menuju lokasi agen, pastikan Anda membawa kartu identitas Anda seperti KTP, visa, dan uang yang hendak Anda kirim.

- Setibanya di kantor Money Gram, ucapkan kepada petugas bahwa Anda akan melakukan transaksi luar negeri.

- Anda kemudian akan diberikan formulir pengiriman. Isilah form bagian pengirim dan form bagian penerima. Apabila Anda hendak mengirin ke nomor rekening bank, sebaiknya tanyakan dulu kepada petugas bank apakah bank bersangkutan bekerja sama dengan Money Gram.

- Berikan formulir pengiriman kepada petugas Money Gram. Dia akan meminta tanda pengenal Anda dan melakukan validasi formulir. Setelah valid, berikanlah uang yang hendak Anda kirim beserta dengan biaya administrasi.

- Usai diproses petugasm Anda akan diberikan cetakan transaksi yang terdapat nomor referensi 8 digit. Beritahukan kode itu kepada penerima. Minta penerima mengecek kiriman ke bank atau cek kea gen Money Gram di Indonesia dengan membawa tanda pengenal.

- Uang akan sampai dalam hitungan menit atau hari. Mengingat ini kiriman internasional.

Demikianlah dituliskan cara transfer uang dari India ke Indonesia melalui Western Union atau Money Gram. Kedua cara ini memang banyak digunakan WNI atau TKI di luar negeri seperti India. Kiranya bisa membantu Anda.(*)

21 comments for "Cara Transfer Uang dari India ke Indonesia 2024"

  1. Saya adalah pembisnis, saya bingung bagaimana cara orang india mengirimkan
    Uang ke rekening saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Western Union bagus...

      Delete
    2. western union dari india Le indonesia gak bisa... tapi Kalo aki Biasa nya dapat kiriman uang dari india misalnya nominal 4 juta dikirim nya ke reKENING BCA ... potongan nya 500.000 loh... jadi uang yang masuk Ke Tekening Bca saya Hanya 3.500.000... menurut aku Kurang worth it kalo langsung ke rekening bank

      Delete
    3. Bagaimana cara nya

      Delete
    4. Bagaimana cara menerima uang dari India menggunakan bank BCA

      Delete
  2. Berapa lama kirim uang india ke indonèsia

    ReplyDelete
  3. Ada rekan saya dari India ingin kirim uang ke saya, katanya Western Union di India tidak bisa kirim uang ke Indonesia, sedangkan pakai Monegram juga hanya bisa menerima penerimaan uang saja dari Indonesia ke India sedangkan pengiriman uang dari India ke Indonesia tidak bisa juga

    ReplyDelete
  4. apakah kirim dari india ke indonesia lewat westren harus nominal yang cukup besar?

    ReplyDelete
  5. Pertanyaannya , misalnya bisnis nya ritel nilai nya kecil...katakan Rp 110rb atau 9 $ terus biayanya brp? Supaya orang India tak merasa mahal ...spt transfer bank biasa ? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. berapa lama wang india sampai indonesia

    ReplyDelete
  7. Saya pebisnis.bagaimana cara orang india kirim uang ke indonesia

    ReplyDelete
  8. Kirim uang dari india ke indo pake westerm union itu gak bisa... boleh di cek kalo gak percaya

    ReplyDelete
  9. Nah apa itu penyebabnya??? Bahkan kirim lewat internet banking, setelah 24jam otomatis dibatalkan oleh pihak bank India.

    ReplyDelete
  10. Kasih tau rincian bagaimana orang India kirim uang k Indonesia ...




    Balas🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  11. cara terbaik saat ini adalah wise.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya gimana bang, itu kan ada suruh masukkan ACH 9 character. Begitu di kosongin ga bisa

      Delete
  12. seseorang mengirimkan uang kepada saya lewat paytm. tapi udh 2 minggu uangnya belum sampai ke rekening BRI saya... kenapa ya?

    ReplyDelete

Thank you for reading our article!

Feel free to share your opinions, experiences, or suggestions in the comment section below.