Cara Mengambil Uang di Western Union 2020

Cara mengambil uang di Western Union amatlah mudah. Berikut panduan bagaimana Anda menerima uang di kantor Western Union, atau agen WU Indomaret, kantor pos, bank, dll.
Cara untuk menerima atau mengambil uang di Western Union sederhana saja. Bisa di kantor atau agen mitra Western Union seperti kantor pos, Indomaret, Alfamart, Pegadaian, bank, dll
Western Union (WU) adalah salah satu jasa pengiriman dan penerimaan uang populer di dunia. Western Union sudah ada sejak 1851 dan telah tersebar di seluruh negara di dunia.

Mudah menemukan kantor atau agen Western Union di daerah Anda tinggal. Banyak bank di Indonesia yang telah menjadi mitra Western Union, baik bank swasta, pemerintah, hingga bank di daerah.

Ada juga banyak agen WU yang tersebar luas di sepanjang nusantara. Seperti Indomaret, Alfamart, kantor pos, dan lainnya.

Keunggulan WU

Di Indonesia sendiri, layanan Western Union dapat dikatakan sering digunakan banyak orang. Ada yang sudah lama, tetapi ada juga yang baru menjadi langganan jasa Western Union.

Nah, tentu saja bagi orang yang baru pertama kali menggunakan WU, kadang masih ragu apakah WU aman, murah, dan cepat.

Di tengah metode pengiriman uang yang didominasi transfer bank, Western Union sebetulnya dalam sejumlah hal layak diandalkan. Ada banyak keunggulan WU.

Misalnya Anda bisa mengirim uang tanpa rekening bank, serta jangkauan WU yang menembus pelosok bahkan ke luar negeri dengan mudah dan biaya murah.

Jika sebelumnya cara mengirim uang melalui Western Union sudah dituliskan dalam website ini, lantas bagaimana cara mengambil uang di Western Union terbaru tahun 2020.

Cara Ambil Uang

Ada dua tujuan mengirim uang melalui Western Union. Yaitu langsung ke rekening atau dikirim untuk diterima tunai cash.

Jika pengiriman uang dilakukan ke rekening bank, artinya Anda tidak perlu lagi untuk mengambil uang.

Karena toh uangnya sudah masuk ke rekening bank Anda, sehingga tinggal ditarik pakai kartu ATM atau ke teller bank.

Hanya saja jika uang dikirim untuk diambil secara tunai, maka ada persyaratan dan panduan tersendiri. Namun jangan banyak pikiran, caranya sangat mudah sebagai berikut:

1. Temukan Lokasi WU Terdekat

Carilah kantor Western Union terdekat. Jika tak ada kantor Western Union terdekat dengan posisi Anda, maka Anda bisa mengambil uang di agen atau mitra Western Union.

Seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian, BRI, Mandiri, BCA, Danamon, atau bank lokal lainnya. Hampir semua bank di Indonesia sudah bekerja sama dengan Western Union.

Contoh bila mengirim uang melalui Western Union di luar negeri seperti India, maka Anda bisa mengambil uang di banyak bank yang menjadi mitra Western Union di Indonesia.

Supaya lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan google maps untuk mencari Western Union terdekat. Silahkan ketik Western Union maka akan muncul banyak lokasi pengambilan uang Westen Union.

2. Pastikan Uang Sudah Terkirim

Sebelum Anda pergi mengambil uang, pastikan terlebih dahulu jika uang dari pengirim sudah dalam status terkirim dan bisa dicairkan.

Ada kalanya uang sudah dikirim oleh pengirim tapi masih dalam proses. Apalagi jika merupakan transaksi keuangan dari luar negeri. Silakan tanyakan terlebih dahulu ke orang yang mengirimkan uang.

3. Minta Kode MTCN Kepada Pengirim

Untuk meyakinkan apakah uang sudah terkirim atau belum, maka ada baiknya Anda meminta saja kode Money Transfer Control Number (MTCN) kepada pengirim uang.

Melalui kode MTCN, Anda bisa mengecek kiriman uang Western Union secara online. Anda bisa mengecek langsung realtime di website resmi Western Union.

Kode MTCN ini juga wajib Anda serahkan kepada petugas saat ingin mengambil uang. Petugas WU tinggal mencocokkan kode MTCN dengan identitas Anda dan uang cair.

4. Siapkan KTP & Informasi Pengiriman

Hal yang perlu Anda siapkan juga sebelum pergi ke kantor Western Union, yakni melengkapi informasi dan syarat-syarat pencairan.

Selain kode MTCN dan tanda identitas Anda, maka Anda juga perlu mengetahui nama lengkap pengirim. Siapkan KTP asli dan fotokopi.

Serta mengetahui berapa nominal uang yang dikirim, alamat atau negara pengirim uang.

5. Pergi ke Kantor atau Mitra Western Union

Jika semua syarat di atas sudah lengkap, Anda tinggal menuju kantor atau mitra Western Union terdekat di wilayah Anda. Seperti disebutkan di atas, Anda bisa menemukan Western Union terdekat di google maps.

Anda bisa juga hanya pergi ke Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian, BRI, Mandiri, BCA, Danamon, atau bank lokal lainnya yang bekerja sama dengan Western Union.

6. Isi Formulir Penerimaan Uang

Setibanya di kantor Western Union, katakan kepada petugas bahwa Anda hendak mengambil uang kiriman. Petugas kemudian akan memberikan Anda formulir penerimaan uang.

Isilah formulir tersebut dengan benar dan lengkap. Biasanya Anda akan mengisi kolom jumlah uang yang dikirim, nama pengirim dan penerima, alamat, kode MTCN, dan lainnya.

Isi sesuai dengan informasi yang Anda ketahui dari pengirim. Petugas kemudian akan mencocokkan informasi di formulir, kartu identitas serta pengiriman dalam database mereka.

Anda lalu hanya tinggal menunggu proses pemeriksaan yang oleh petugas Western Union. Prosesnya tidak lama. Hanya beberapa menit saja.

Jika sudah valid, maka petugas kemudian akan memberikan Anda uang kiriman tersebut secara tunai cash.

Anda tidak akan dikenakan biaya penerimaan uang karena sudah ditanggung sepenuhnya oleh pihak pengirim. Pastikan Anda menyiapkan tempat atau tas untuk diisi uang.

Jika dana dalam jumlah banyak, pastikan Anda menyimpan uang tersebut tanpa terlihat atau menonjol diperhatikan orang. Ada baiknya juga Anda ditemani keluarga atau teman baik.

Demikianlah informasi bagaimana cara mengambil uang di Western Union atau mitra WU seperti di kantor pos, Indomaret, Pegadaian, Alfamart, atau di bank. Semoga berguna.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengambil Uang di Western Union 2020"

Posting Komentar

Tuliskan komentar Anda. Jika bukan SPAM, pasti disetujui dan dibalas admin secepatnya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel