Cara Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia

Cara transfer uang dari Amerika ke Indonesia sangat gampang. Anda bisa memilih sejumlah layanan penyedia transaksi internasional. Nah berikut disajikan beberapa cara kirim uang dari Amerika Serikat ke Indonesia.

Cara Kirim Uang dari Amerika ke Indonesia
Amerika merupakan salah satu negara tujuan favorit tenaga kerja atau masyarakat Indonesia. Jumlah warga negara Indonesia yang menetap atau sementara bekerja di Amerika Serikat lumayan banyak.

Nah, lalu bagaimana cara transfer uang dari Amerika ke Indonesia? Ada banyak referensi yang bisa Anda pilih. Dalam artikel ini disampaikan sejumlah penyedia layanan pengiriman uang internasional. Anda bisa membandingkan dan memilih cara pengiriman yang aman, murah, dan cepat tentunya.

Western Union

Cara Kirim Uang dari Amerika ke Indonesia Lewat Western Union
Transfer uang dari Amerika ke Indonesia melalui Western Union cukup sering dilakukan TKI asal Indonesia. Disebabkan Western Union adalah jasa kiriman uang internasional yang sudah mengakar di seluruh dunia.

Western Union menyebar di 200 negara. Ada ratusan ribu agen di seluruh dunia. Anda tidak akan sulit menemukan agen Western Union di manapun Anda berada. Tidak perlu repot-repot dengan rekening bank, karena untuk mengirim dengan Western Union, Anda tidak memerlukannya.

Cara Transfer Uang via Western Union

- Temukan lokasi agen Western Union terdekat dengan tempat Anda di Amerika. Untuk mencari  tahu di mana saja lokasinya, Anda bisa memakai fitur pencarian di website peta Western Union.

- Usai Anda menemukan lokasi agen, siapkanlah seluruh persyaratan. Sebelum Anda berangkat, siapkan kartu tanda penduduk (KTP) atau visa Anda. Ingat juga untuk menyiapkan uang yang hendak ditransfer ke Indonesia. Ada juga biaya administrasinya.

- Setelah tiba di kantor Western Union, katakan kepada petugas Anda hendak melakukan transfer internasional ke Indonesia.

- Petugas kemudian akan menyerahkan formulir aplikasi pengiriman uang kepada Anda. Lengkapi formulir tersebut baik data Anda sebagai pengirimdan data informasi penerima.

- Setelah selesai melengkapi, serahkanlah formulir kepada petugas. Mereka akan meminta menyerahkan bukti identitas diri dan nomor telepon Anda.

- Setelah formulir diverifikasi oleh petugas Western Union Amerika, Anda lalu beri uang yang hendak ditransfer beserta biaya administrasi. Perlu diketahui bahwa Anda hanya dapat memberi mata uang dollar Amerika ke petugas.

- Sesudah diproses petugas, Anda akan mendapat nota cetakan rincian transaksi. Di dalam nota itu tertulis Nomor Kontrol Pengiriman Uang (MTCN) yang diperlukan.

- Langkah selanjutnya yaitu Anda menghubungi penerima uang. Sampaikan kepadanya rincian transaksi, siapa nama pengirim, berapa jumlah uang yang dikirim, serta nomor MTCN. Minta kepada penerima untuk mengecek ke bank apakah uang yang ditransfer sudah masuk atau belum. Anda juga bisa melacak status pengiriman di website Western Union.


- Nah berapa hari yang dibutuhkan sampai uang kiriman masuk ke rekening di Indonesia? Menuritu informasi, uang di bawah 10 juta rupiah biasanya akan masuk ke rekening penerima hanya dalam hitungan menit. Sementara uang di atas 10 juta rupiah akan memerlukan sekitar waktu satu hari kerja perbankan.

Money Gram

Cara Kirim Uang dari Amerika ke Indonesia Melalui Money Gram
Untuk mengirim uang ke Indonesia dari Amerika, Anda juga bisa memilih layanan Money Gram. Penyedia layanan transfer luar negeri ini menurut banyak orang lebih irit dibanding Western Union.

Di Amerika, tentu Anda tidak akan sulit untuk mencari agen Money Gram. Sebab, keberadaan Money Gram sangat luas di dunia. Money Gram telah tersebar di banyak wilayah Amerika Serikat.

Selain biaya kirim yang irit, Money Gram juga bisa boleh dikata sangat aman dan cepat. Hanya beberapa menit, uang sudah masuk ke rekening penerima.

Anda dapat mengirim uang ke bank yang bekerja sama dengan Money Gram di Indonesia. Atau Anda juga bisa mengirim uang ke agen Money Gram di Indonesia yang nanti tinggal dijemput penerima.

Cara Transfer Uang dari Amerika Lewat Money Gram

- Langkah pertama, Anda carilah lokasi agen Money Gram di Amerika yang dekat dengan posisi Anda. Anda bisa menemukan lokasi agen lewat peta website Money Gram.

- Sebelum Anda berangkat menuju lokasi agen Money Gram, jangan lupa untuk membawa kartu identitas Anda. Misalnya KTP, visa, dan uang yang hendak Anda kirim.

- Sesampainya di kantor Money Gram, sampaikan kepada petugas kalau Anda akan hendak melakukan transaksi luar negeri ke Indonesia.

- Petugas lalu akan memberi Anda formulir pengiriman. Isilah data bagian pengirim dan penerima. Apabila Anda ingin mengirim ke nomor rekening bank, sebaiknya tanyakan dulu kepada petugas Money Gram, bank mana di Indonesia yang bisa ditransfer dari Money Gram di Amerika.

- Setelah selesai mengisi formulir, berikanlah itu kepada kepada petugas Money Gram. Petugas kemudian akan meminta kartu identitas Anda dan melakukan verifikasi. Setelah semua oke, berikanlah uang yang hendak Anda kirim beserta dengan biaya administrasi kepada petugas.


- Setelah selesai diproses petugas, Anda akan diberikan cetakan transaksi yang terdapat nomor referensi 8 digit. Beritahukan kode itu kepada penerima. Minta penerima mengecek kiriman ke bank atau cek ke agen Money Gram di Indonesia dengan membawa kartu identitas.

- Uang akan masuk ke Indonesia dalam hitungan menit atau hari. Jika ini kiriman internasional, maka bisa makan waktu beberapa hari. Jelasnya, silahkan Anda tanyakan kepada petugas.

Demikianlah bagaimana cara transfer uang dari Amerika ke Indonesia melalui Western Union juga Money Gram. Cara pengiriman internasional ini banyak digunakan WNI atau TKI di luar negeri seperti Amerika. Kiranya bisa menolong Anda.(*)

0 Response to "Cara Transfer Uang dari Amerika ke Indonesia"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel